Berkembangnya Pemanfaatan E-Learning pada Proses Pembelajaran Fisika di MAN 1 Garut Selama Masa Pandemi

Andini Febya Alfiansyah, Rani Putri Septianti, Wilda Nurul Qolbi, Asep Irvan Irvani

Abstrak


E-learning adalah inovasi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran yang bisa meningkatkan berbagai kemampuan peserta didik. Materi pembelajaran dapat dibuat secara virtual dalam berbagai macam format. Dampak positifnya adalah materi menjadi lebih bermakna bagi siswa, khususnya untuk pembelajaran fisika yang membutuhkan visualisasi materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pemanfaatan e-learning pada pembelajaran fisika selama masa pandemi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan adalah wawancara kepada guru Fisika di Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Garut. Berdasarkan hasil wawancara tersebut didapatkan hasil bahwa MAN 1 Garut telah menggunakan e-learning berupa Learning Management System (LMS) sejak pembelajaran dilaksanakan secara daring yaitu sejak tahun 2020. LMS menjadi alternatif yang sangat membantu dalam proses pembelajaran. Guru dapat memantau aktivitas perkembangan peserta didik dan juga sebagai indikator penilaian peserta didik. Selain itu LMS memudahkan peserta didik dalam mengakses materi dan mengikuti pembelajaran daring.

Kata Kunci


E-learning; LMS; pembelajaran fisika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis efektivitas media pembelajaran e-learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150-157.

Annisa, N. (2021). Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Crocodile Physics dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA IRNAS Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2018). Interactive learning multimedia based Microsoft excel on the temperature and heat. Unnes Science Education Journal, 7(1).

Chaeruman, U. (2010). E-learning dalam pendidikan jarak jauh. Jakarta: Kemendiknas.

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi synchronous dan asynchronous dalam e-learning pada masa pandemic covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2).

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Irvani, A. I., & Warliani, R. (2022). Development of Physics Demonstration Videos on Youtube (PDVY) as Physics Learning Media. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(1), 1-12.

Karsidi, D. (2005). Sosiologi pendidikan. UNS Press.

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of qualitative descriptive studies: A systematic review. Research in nursing & health, 40(1), 23-42.

Marwah, R. S. D. (2021). Pelaksanaan Learning Management System (LMS) dalam proses pembelajaran daring siswa kelas 11 Mipa MAN 1 Mojokerto pada masa pandemi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi e-learning berbasis virtual class dengan google classroom sebagai media pembelajaran fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46-55.

Oktifa, N. (2022, Januari). Manfaat Learning Management System dalam Kelas Daring. Retrieved from Aku Pintar: https://akupintar.id/

Sagita, M., & Nisa, K. (2019). Pemanfaatan e-Learning bagi para pendidik di era digital 4.0. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(2), 35-41.

Suardi, W. (2017). Catatan kecil mengenai desain riset deskriptif kualitatif. Ekubis, 2(1), 1-11.

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).

Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran tokoh pendidikan dalam buku lifelong learning: policies, practices, and programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44-53.

Syuhendri, S., & Wiyono, K. (2015). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis web untuk mata kuliah pendahuluan fisika inti. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 25-35.

Triantoa, T. T., Hartono, H., & Akhlis, I. (2019). Pemanfaatan Youtube untuk Pembelajaran Fisika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Laboratorium Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 744-751).

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187-199.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Yustanti, I., & Novita, D. (2019, February). Pemanfaatan e-learning bagi para pendidik di era digital 4.0 utilization of e-learning for educators in digital era 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Vol. 12, No. 01).




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v2i2.1880

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.