Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA pada Materi Konduktor dan Isolator Panas Melalui Penerapan Metode Eksperimen

Emi Emi

Abstrak


Latar belakang Penelitian Tindakan Kelas ini adalah masih rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa Kelas VI SD Negeri 1 Jajawar Kecamatan Banjar Kota Banjar terutama pada pembelajaran IPA tentang materi Konduktor dan Isolator Panas. Pada meteri ini nilai rata-rata ulangan harian hanya sebesar 52,77 selain itu dari 29 siswa kelas VI hanya 6 orang yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sisanya masih di bawah KKM. KKM yang ditentukan untuk pelajaran IPA Semester I adalah 75. Pencapaian hasil belajar yang kurang maksimal ini salah satunya disebabkan karena kurang tepatnya guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Dengan demikian tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Jajawar Kecamatan Banjar Kota Banjar Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 setelah diterapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA tentang materi Konduktor dan Isolator Panas. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan berupa RPP, lembar evaluasi, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan LKS. Subyek penelitian adalah Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Jajawar Kecamatan Banjar Kota Banjar yang berjumlah 29 siswa. Perencanaan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi penyusunan RPP, mempersiapkan alat tes, dan mempersiapkan LKS. Pelaksanaan metode eksperimen meliputi perumusan masalah, membuat hipotesa, pelaksanaan eksperimen, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata tes evaluasi sebesar 67,93, siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata tes evaluasi meningkat menjadi 73,10, siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata tes evaluasi meningkat menjadi 79,31, dan siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata tes evaluasi meningkat menjadi 85,86. Salah satu kendala yang dihadapi peneliti dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen adalah keterbatasan alat eksperimen sedangkan kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah “Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan gairah belajar siswa sehingga hasil belajar siswa meningkatâ€

Kata Kunci


hasil belajar; konduktor dan isolator; metode eksperimen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Acesta, A. (2020). Analisis kemampuan higher order thingking skills (hots) siswa materi ipa di sekolah dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170.

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya pemahaman konsep untuk mengatasi miskonsepsi dalam materi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130-136.

Djamarah, Syaeful Bahri (2005) Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Anak Didik, Rineka Cipta, Jakarta

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43-50.

Paris, S., Jusmawati, J., Alam, S., Jumliadi, J., & Arsyam, M. (2021). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BANGKALA II KOTA MAKASSAR. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).

Senjawati, S. (2020). Peran guru kelas dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA melalui pembelajaran berbasis etnosains. Integrated Science Education Journal, 1(2), 44-48.

Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019, October). Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Surya (2006) Kapita Selekta Kependidikan SD Jakarta, Universitas Terbuka.

Winataputra, H. Udin. S (2006) Strategi belajar Mengajar, Jakarta, Universitas Terbuka.

Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41-47.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1808

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.