Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan

Widi Nugraha Ady, Resti Warliani

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fisika di salah satu sekolah swasta di Garut. Subjek pada penelitian ini adalah siswa jurusan MIPA kelas X MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukan kesulitan belajar yang dialami oleh siwa disebabkan oleh factor intern yaitu aspek intelegensi dan juga motivasi pada diri siswa yang mengasumsikan bahwa pembelajaran fisika itu sulit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin,Zainal.2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90-101

Dayati, F. B., Susanna, S., & Elisa, E. (2021). Kesulitan Belajar Mata Kuliah Matematika Fisika I Melalui Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala. Jurnal Serambi Akademica, 9(6), 865-870.

Daun, N. S., Helmi, H., & Haris, A. (2020, May). Diagnosis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bontomarannu. In Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar (Vol. 2, pp. 37-40).

Defriyanto, D., & Dermawan, O. (2018). Prevalensi Kesulitan Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri I Bandar Lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(1), 45-58.

Elwan, A. A., & Alwan, S. M. A. (2013). The institutional factors affecting the achievement in physics in Tripoli, Libya. VFAST Transactions on Education and Social Sciences, 1(2).

Giancoli, D. C. (2001). Fisika edisi kelima jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Gupita, N. A. A., & Minsih, S. A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di SD Negeri Joglo No. 76 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Haqiqi, A. K. (2018). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 6(1), 37-43.

Irvani, A. I. (2019). Korelasi Minat Terhadap Fisika dengan Hasil Belajar Siswa SMA pada Domain Pengetahuan Faktual dan Konseptual. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 115-120.

Irvani, A. I. (2022). Merancang Media Pembelajaran Berdasarkan Bagaimana Siswa Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 5(1), 1-9.

Marisa, P. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada materi Tumbuhan kelas X di SMAN 1 Rambah Hilir Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Biologi, 2(1).

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan studi kasus sebagai metode ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126-136.

Suryani, E., Amir, A., Nurfathurrahmah, N., Azmin, N., & Hartati, H. (2021). Identifkasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Bima Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Tahun Pelajaran 2020/2021. JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(01), 23-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.