Analisis Penggunaan Simulasi Interaktif dalam Pembelajaran pada Topik Hukum Coulomb

Ai Sadidah, Asep Irvan Irvani

Abstrak


Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan PhET Interactive Simulations sebagai pendukung maupun penganti laboratorium real dalam pembelajaran IPA materi pokok Hukum Coulomb. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan simulasi interaktif dalam pembelajaran pada topik Hukum Coulomb memberikan respons positif siswa dalam menemukan hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya Coulomb, respons baik dalam antusiasme pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, karena simulasi interaktif dapat menjelaskan konsep yang abstrak dan dalam penggunaannya tidak memerlukan waktu yang banyak.

Kata Kunci


Hukum Coulomb; Pembelajaran IPA; PhET; Simulasi Interaktif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alhidayatuddiniyah, T.W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Whiteboard Animation pada Pokok Bahasan Hukum Coulomb. Seminar Nasional Riset dan Teknologi (SEMNAS RISTEK)

Farrokhnia, M.R & Esmailpour, A, A Study on The Impact of Real, Virtual and Comprehensive Experimentingon Students’ Conceptual Understanding of DC Electric Circuits and Their Skills in Undergraduate Electricity Laboratory. Procedia Sosola and Behavioral Science, Vol 2, 2010, pp 5474-5482.

Pandey, P., & Pandey, M. M. (2021). Research Methodology Tools and Techniques.

Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: SIMULASI INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.

Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Purnomo, T. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan PhET untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Science Education And Practice, 1(1), 20-31.

Zubaidah, S.,dkk. (2018). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1508

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Template Artikel:

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

📌 Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

📞 (0262) 236395

📧 [email protected]

PENGUNJUNG:

Status Pengunjung Jurnal

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:


 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.