Kajian Pendekatan Multirepresentasi dalam Konteks Pembelajaran Fisika

Rikardus Feribertus Nikat, Martha Loupatty, Shofie Hikmatuz Zahroh

Abstrak


Pendekatan multirepresentasi merupakan salah satu pendekatan yang menekankan beberapa sudut pandang makna dalam bentuk representasi verbal, gambar, persamaan, diagram, tabel dan grafik. Bantuan pendekatan multirepresentasi dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan proses dan evaluasi pembelajaran fisika. Beberapa fitur multirepresentasi dalam pembelajaran fisika memberikan dampak yang signifikan pada laur pembelajaran fisika. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara kualitatif peranan pendekatan multirepresentasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika secara komprehensif. Secara khusus kajian penelitian ini adalah pendekatan multirepresentasi dapat terintegrasi ke dalam beberapa model, media, strategi dan metode pembelajaran. Fisika serta pengaruhnya terhadap kemampuan kognitif mulai dari level rendah hingga level tinggi.  Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kajian Pustaka dengan berbagai sumber berupa artikel jurnal dan beberapa literatur lainnya. Hasil review sumber referensi menunjukan bahwa pendekatan multirepresentasi dapat dintegrasikan pada beberapa model, media, strategi, metode, dan pendekatan pada pembelajaran fisika sehingga mampu meningkatkan beberapa kemampuan kognitif seperti kemampuan pemecahan masalah, argumentasi, pemahaman konsep fisika siswa.


Kata Kunci


Pendekatan Multirepresentasi; Pembelajaran Fisika; Kajian Literatur

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alia, N. (2015). Pengembangan Modul Fisika Pada Materi Listrik Dinamis Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA Kelas X (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)

Anugraheni, N. S., & Handhika, J. (2018, May). Profil kemampuan multirepresentasi siswa dalam materi fluida. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 533-537).

Azizah, H., Rosidin, U., & Sesunan, F. (2015). Studi Implementasi Scientific Approach Dalam Pembelajaran Sains Di Laboratorium. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(4).

Badriah, R. S. (2020). Pengembangan Videoscribe berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan penalaran ilmiah pada materi teori kinetik gas (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh pendekatan multi representasi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1).

Firdaus, A. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Thinkpair and Sharedengan Metode Praktikum Disertai Lks Berbasis Multi Representasiterhadap Hasil Belajar Fisika Siswakelas XI Man 1 Jember. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 4(5), 462-469.

Hasbullah, H., Halim, A., & Yusrizal, Y. (2018). Penerapan pendekatan multi Representasi terhadap pemahaman konsep gerak lurus. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 2(2), 69-74.

Irawati, S., & Subaidi, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Multirepresentasi Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Program Linier. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 211-223.

Ishmahaniyyah, A., Sinaga, P., & Amsor, A. (2020). Implementasi Strategi Pemecahan Masalah Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Representasi Siswa SMA Pada Materi Getaran Harmonik Sederhana. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(1), 31-35

Kusumawati, I., Sumarli, Sutopo, & Kusairi, S. (2020). Effectiveness of HOTS-Based Multiple Representation Learning Model in Circular Motion Material. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(1), 23–30. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i1.1112

Mardatila, A., Novia, H., & Sinaga, P. (2019). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Pokok Bahasan Gerak Parabola. Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 5(2), 33-33.

Patriot, E. A. (2019). Capaian Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Melalui Penerapan Pembelajaran Konseptual Interaktif Dengan Pendekatan Multirepresentasi. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 152-158.

Patriot, E. A., Suhandi, A., & Chandra, D. T. (2018, May). Optimize scientific communication skills on work and energy concept with implementation of interactive conceptual instruction and multi representation approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012029). IOP Publishing

Rahmat, R., Suwarma, I. R., & Imansyah, H. (2019, December). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Getaran Harmonik. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) (Vol. 8, pp. SNF2019-PE).

Rizky, G., Tomo, D., & Haratua, T. M. S. (2014). Kemampuan multirepresentasi siswa SMA dalam menyelesaikan soal-soal hukum Newton. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).

Sahara, L., Nafarudin, N., Fayanto, S., & Tairjanovna, B. A. (2020). Analysis of Improving Students’ Physics Conceptual Understanding through Discovery Learning Models Supported by Multi Representation: Measurement Topic. Indonesian Review of Physics, 3(2).

Sari, A. P., Feranie, S., & Karim, S. (2015). Penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan multirepresentasi untuk meningkatkan prestasi belajar dan konsistensi ilmiah berbasis multirepresentasi pada materi elastisitas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 45-50

Suhandi, A., & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan multirepresentasi dalam pembelajaran usaha-energi dan dampak terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).

Taher, M., Hamidah, I., & Suwarma, I. R. (2017, September). Profile of Students’ Mental Model Change on Law Concepts Archimedes as Impact of Multi-Representation Approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012101). IOP Publishing

Wati, D. K., Supriana, E., & Sulur, S. (2020). Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Multi Representasi dengan Corrective Feedback pada Materi Gerak Lurus Kelas X SMA/MA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(1), 34-41.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1449

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.