Kajian Pendekatan Multirepresentasi dalam Konteks Pembelajaran Fisika

Rikardus Feribertus Nikat, Martha Loupatty, Shofie Hikmatuz Zahroh

Abstrak


Pendekatan multirepresentasi merupakan salah satu pendekatan yang menekankan beberapa sudut pandang makna dalam bentuk representasi verbal, gambar, persamaan, diagram, tabel dan grafik. Bantuan pendekatan multirepresentasi dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan proses dan evaluasi pembelajaran fisika. Beberapa fitur multirepresentasi dalam pembelajaran fisika memberikan dampak yang signifikan pada laur pembelajaran fisika. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara kualitatif peranan pendekatan multirepresentasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika secara komprehensif. Secara khusus kajian penelitian ini adalah pendekatan multirepresentasi dapat terintegrasi ke dalam beberapa model, media, strategi dan metode pembelajaran. Fisika serta pengaruhnya terhadap kemampuan kognitif mulai dari level rendah hingga level tinggi.  Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kajian Pustaka dengan berbagai sumber berupa artikel jurnal dan beberapa literatur lainnya. Hasil review sumber referensi menunjukan bahwa pendekatan multirepresentasi dapat dintegrasikan pada beberapa model, media, strategi, metode, dan pendekatan pada pembelajaran fisika sehingga mampu meningkatkan beberapa kemampuan kognitif seperti kemampuan pemecahan masalah, argumentasi, pemahaman konsep fisika siswa

Kata kunci: Pendekatan Multirepresentasi; Pembelajaran Fisika; Kajian Literatur


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1449

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Template Artikel:

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

  📌 Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

📞 (0262) 236395
📧 [email protected]

VISITOR:

View My Stats

 
Indexed by:
         
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.