Studi Literatur Keefektifan Kelas Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Di Masa Pandemi

Fuzi Fitri Sri Lestari, Maulana Hamdan, Susilawati Susilawati

Abstrak


Dengan adanya wabah penyakit COVID-19 banyak negara di berbagai dunia memutuskan untuk menutup sekolah, perguruan tinggi maupun universitas. Kondisi tersebut memaksa seluruh kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara online atau kelas virtual melalui berbagai media pembelajaran salah satunya Google Classroom. Google Classroom yaitu aplikasi pembelajaran campuran untuk ruang lingkup pendidikan yang dapat mempermudah dosen dalam membuat, membagikan, dan mengelompokkan tugas-tugas yang diberikan. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil studi pustaka keefektifan virtual class dalam pembelajaran fisika menggunakan Google Classroom dimasa Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Hasil menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa COVID-19 dapat dikatakan sudah efektif, apalagi disertai dengan video materi pembelajaran yang menarik sehingga dapat menimbulkan motivasi serta ketertarikan mahasiswa dalam proses pembelajaran, dan mampu meningkatkan hasil pembelajaran mahasiswa.  


Kata Kunci


fisika; google classroom; keefektifan kelas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


, D. P. (2021). Kelas Maya. Retrieved May 15, 2021, from Dosen Pendidikan: https://www.dosenpendidikan.co.id/kelas-maya/

Bhakti, A. P. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI 4, no. 1 (Mei, 2020), 4, 27-33. doi:10.30599/jipri.v4i1.669

Dewi Juita, Y. M. (2020). Efektivitas Mobile Learning Dengan Google Classroom Disertai Tutor Sebaya Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Journal of Teaching and Learning Physics 5, 2 (2020), 5, 60-69. Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jtlp/index

Lede, Y. A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan IPA dan Pendidikan Fisika STKIP Weetebula. SAINTIFIK 6,no. 2 (July, 2020), 6, 175-182. doi:10.31605/saintifik.v6i2.314

Nilakandi, Z. (2020). Pengertian Google Classroom Beserta Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya. Retrieved April 29, 2021, from Nesaba Media: https://www.nesabamedia.com/pengertian-google-classroom/

Sabara, S. d. (n.d.). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 122-125.

Setiawan, P. (2021). Pengertian dan Cabang Fisika Beserta Manfaatnya. Retrieved May 8, 2021, from Guru Pendidikan: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-fisika/

Silvia Wulandari, N. (2021). Studi Literatur Penggunaan PBl Berbasis Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika 9, no. 1 (Maret, 2021), 9, 7-17. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/indexs.php/PendidikanFisika

Widya Mutiara Mukti, Y. B. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Listrik Statis. FKIP e-PROCEEDING 5, no. 1 (Desember, 2020), 5, 51-59. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21703




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v1i1.1260

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.