Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika

Authors

  • Siti Nurdianti Muhajir Universitas Garut
  • Apriyanti Masara Pendidikan Fisika Universitas Garut
  • Gifar Ramdani Pendidikan Fisika Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpif.v1i1.1259

Keywords:

fisika, literasi sains, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran nyata kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif dengan sample 44 mahasiswa pendidikan fisika yang telah mendapat mata kuliah fisika dasar 1. Profil literasi sains dugunakan sebagai dasar untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi sains mahasiswa calon guru fisika sehingga mahasiswa siap menjadi pengajar yang literate terhadap sains dan teknologi.  

References

Basonggo, I., Tangkas, I. M., & Irwan, I. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Meselesek. Jurnal Kreatif Online, 2(2).

Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., & Sriwarthini, N. N. (2021). Pengembangan LKPD Literasi Sains Berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 136-141.

Muhajir, S. N., Mahen, E. C. S., Yuningsih, E. K., & Rochman, C. (2015). Implementasi model problem solving laboratory untuk meningkatkan kemampuan literasi sains mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar II. Disajikan dalam Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung.

Parno, P., Yuliati, L., Hermanto, F. M., & Ali, M. (2020). A Case Study on Comparison of High School Students’ Scientific Literacy Competencies Domain in Physics with Different Methods: Pbl-Stem Education, Pbl, and Conventional Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 159-168.

PISA. (2012). Assessment Framework Key Competencies In Reading Mathematics and Science. OECD

PISA. (2018). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD

Sanjaya, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Laboratorium Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Journal Pendidikan Fisika.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Toharudin, U. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran inovatif Beroientasi Konstruktivistik: Konsep Landasan Teoritis-praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wen, C. T., Liu, C. C., Chang, H. Y., Chang, C. J., Chang, M. H., Chiang, S. H. F., ... & Hwang, F. K. (2020). Students’ guided inquiry with simulation and its relation to school science achievement and scientific literacy. Computers & Education, 149, 103830.

Published

2021-06-30

Issue

Section

Artikel