Karakterisasi Tes Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Teori Respon Butir

Authors

  • Sri Mulyani SMAI Cipasung
  • Ridwan Efendi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Taufik Ramlan Ramalis

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpif.v1i1.1006

Keywords:

keterampilan pemecahan masalah, konstruksi dan validasi, teori respons butir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi tes keterampilan pemecahan masalah Fisika berdasarkan teori respon butir. Metode dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan desain penelitian kontruksi dan validasi, instrumen yang dibuat peneliti didasarkan pada lima indikator yang merujuk pada tahapan strategi keterampilan pemecahan masalah pada Robust Assessment Instrument For Student Problem Solving yang dikembangkan oleh Doctor dan Heller. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Kelas XI. Hasil analisis dari kurva karakteristik tes dengan menggunakan teori respon butir menunjukkan bahwa tes memiliki parameter tingkat kesukaran (b) yang termasuk dalam kategori sedang, dan daya pembeda (a) dengan kategori tes memiliki parameter daya pembeda (a) yang baik. Secara umum interpretasi dari tes yang dikonstruksi dapat menilai keterampilan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan rendah hingga sangat tinggi. Kata kunci: keterampilan pemecahan masalah, kontruksi dan validasi, teori respon butir

References

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reability and Validity of Ratings. Malibu: Pepperdine University.

Binkley, M 2012, ‘Defining twenty-first century skills’, Assesment and Teaching of 21st Century Skills, 17-64.

Baker, F. B. (2001). The Basic of Item Response Theory. United States: ERIC Clearinghouse on Assessment and Evaluation.

Barak, M. (2017). Science Teacher Education in the Twenty-First Century: a Pedagogical Framework for Technology-Integrated Social Constructivism. Research in Science Education, 47,(2).

Bolstad, R. (2011). Taking a Future Focus in Education – What Does It Mean? NZCER Working Paper. Wellington, New Zealand Council for Educational Research.

Bybee, R.W. & Fuchs, B. (2006). Preparing the 21st Century Workforce: A New Reform in Science and Technology Education. Journal Of Research In Science Teaching , 43. 349-352.

Chrisnawati, HE. (2007). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan problem solving siswa SMK (teknik) swasta di Surakarta ditinjau dari motivasi belajar siswa. Journal MIPA, 17.

Crocker, Linda. M., & Algina, J. (1986). Introduction to classical and modern test theory. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Dewi, IN., Poedjiastoeti, S., Prahani, BK. (2017). ELSII Learning Model Based Local Wisdom To Improve Students’ Problem-Solving Skills and Scientific Communication. International Journal of Education and Research. 5, (1).

Doctor, J., & Heller. (2009). Robust assessment instrument for student problem solving. Proceedings of the NARST 2009 Annual Meeting, Garden Grove, California.

Hambleton, R.K., & Jones, R.W. (1993). Comparison of Classical Test Theory and Item Response Theory and Their Applications to Test Development. Educational Measurement : Issues and Practice, 12(3), 38-47. DOI : https://doi.org/10.1111/j.1745-3992.1993.tb00543.x.

Hidayat, S.R., Setyadin, A.H., Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., Hermawan., Samsudin, A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3,(2).

Hung, W.J.D. & Liu, R. (2008). Problem-based learning. Handbook of Research on Educational Communications and Technology, 3.

Retnawati, H. (2014). Teori Respons Butir dan Penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sarea, M. S., & Hadi, S. (2015). Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Kimia SMA di Kabupaten Gowa. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3,(1), 35-43.

Saavedra, A., Opfer, V. (2012) Teaching and learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Sciences. A Global Cities Education Network Report. New York, Asia Society.

Setiadi, Hari. (1998). Bank Soal yang Dikalibrasi dengan Konsep IRT Memecahkan Permasalahan Ujian-ujian Sistematik yang Diadakan pada Periode-periode Tertentu. Jurnal Kajian Dikbud IV (13).

Sudaryono. (2011). Implementasi Teori Respon Butir pada Penilaian Hasil Belajar Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Tiruneh, D.T., Cock, M.D., Weldeslassie, A.G., Elen, J., Janssen, R. (2016). Measuring Critical Thinking in Physics: Development and Validation of a Critical Thinking Test in Electricity and Magnetism. International Journal of Science and Mathematics Education, 1-21.

Wagner, T. (2010) Overcoming The Global Achievement Gap. Cambridge, Mass, Harvard University.

Zubaidah, Siti. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Kalimantan Barat: Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Published

2021-06-30

Issue

Section

Artikel