PENGARUH MOBILE LEGEND TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA

Abdul Gani, Muchamad Ishak, Asep Angga Permadi

Abstrak


Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan problem solving siswa yang bermain mobile legend di SMKN 1 Cisarua. Penelitian ini adalah penelitian yang besifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Intstrumen penelitian yang penulis gunakan adalah menggunakan angket. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut bagaimana tingakat kemampuan problem solving siswa yang bermain Mobile Legend?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMKN 1 Cisarua yang berjumlah 132 siswa. Jumlah sampel yang ditarik dari populasi sebanyak 20 orang siswa kelas X di SMKN 1 Cisarua siswa yang bermain game mobile legend. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data mengenai pengaruh mobile legend terhadap kemampuan problem solving siswa, yang dilakukan pada siswa kelas X di SMKN 1 Cisarua, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Hasil perhitungan di atas menunjukan bahwa dalam game mobile legends setiap pemain akan berusaha mengalahkan tim lawan dengan menggunakan skill hero. Pemain akan mengidentifikasi masalah, dalam hal ini mempelajari serangan dari hero lawan. Kemudian pemain akan merancang strategi dan menjalankan strategi untuk mengalahkan hero lawan. Pemain juga menganalisis kembali strategi yang digunakan efektif atau tidak dalam mengalahkan hero lawan. Hal ini persis seperti langkah-langkah yang dilakukan dalam problem solving. Apabila dilihat dari frekuensi dari tiap kategori, terlihat bahwa pengaruh mobile legend terhadap kemampuan problem solving siswa adalah Tinggi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Choirul Hakiki, (2019). Hubungan Kecanduan Game Online Mobile Legend Terhadap Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Maliki Ibrahim Malang.

Cintyani, D. (2012). Penggunaan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Unpas. Bandung: Tidak diterbitkan.

Departemen Pendidikan Nasional (2014) Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan ke delapan Belas Edisi IV. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Dianasari. (2012). Pembelajaran kooperatif model jigsaw dan STAD ditinjau dari kemampuan awal dan kreativitas siswa. Tesis. Solo: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Hamiyah, N. dan M. Jauhar. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hertiavi, M. A; H. Langlang dan S. Khanafiyah. (2010). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 6, 53-57.

Ika Qothrun Nada. (2019), Pengaruh Game Online Mobile Legend terhadap sikap belajar siswa XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irawati, R. K. (2014). Pengaruh Model Problem Posing Dan Problem Solving Serta Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Sains, 2(4). 184-192.

Mokhammad Ridoi, (2018) Cara Mudah Membuat Game Edukasi dengan Contruct 2, Malang.

Pitaloka, A. A. Perilaku Konsumsi Game Online pada Pelajar (Studi Fenomenologi tentang Perilaku Konsumsi Game Online pada Pelajar di Kelurahan Gemolang, Kabupaten Sragen tahun 2013, (Solo:Vol.3 No.1, 2013

Sugiyono. (2016). Metode Penlitian, Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penlitian, Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryanto, R. N. (2015). Dampak Positif dan Negatif Permainan game online dikalangan pelajar. Jorm FISIP Volume 2 No.2, 8.

Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek Konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher

https://www.artikelbaca.com/pengertian-game-online-menurut-para-ahli/

https://id.techinasia.com/idc-penjualan-smartphone-2015.

https://id.wikipedia.org/wiki/Mobile_Legends:_Bang_Bang

https://www.kaskus.co.id/thread/5aaa3efd582b2e5b148b4568/apa-itu-mobile-legends/




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/hjse.v1i2.1946

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan

UNIVERSITAS GARUT   

📌 Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151
📞 (0262) 236395
📧 [email protected]
 

Visitor:

View My Stats

Indexing:

Suppported:

Tools:

      

Copyright © journal.uniga.ac.id 2022  | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.