HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN DENGAN LOYALITAS PENGUNJUNG DI AGROWISATA D’EMERICK KOTA SALATIGA

Penulis

  • Linggar Satria
  • Bayu Nuswantara
  • Hendrik Johanes N

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v3i1.914

Abstrak

Agrowisata merupakan suatu jenis pariwisata yang khusus menjadikan hasil pertanian, peternakan, perkebunan sebagai daya tarik bagi wisatawan. Untuk menilai sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan jasa, termasuk dalam hal ini Agrowisata D’Emerick, dapat dilakukan dengan menilai dimensi-dimensi yang berkaitan dengan wajud fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Tujuan dalam penelitian ini adalahuntuk menganalisis hubungan antara dimensi kualitas pelayanan dengan loyalitas pengunjung di Agrowisata D’Emerick Kota Salatiga. Hasil Penelitian menunjukan bahwa besarnya nilai korelasi antara variabel empati (X1) dengan loyalitas pelanggan (Y) adalah sebesar 0,516, nilai korelasi antara jaminan (X2) dengan loyalitas pelanggan (Y) adalah sebesar 0,525, nilai korelasi antara daya tanggap (X3) dengan loyalitas pelanggan (Y) adalah sebesar 0,516, nilai korelasi antara kehandalan (X4) dengan loyalitas pelanggan adalah sebesar 0,304, sementara nilai korelasi antara wujud fisik (X5) dengan loyalitas pelanggan adalah sebesar 0,383. Artinya kedua variabel mempunyai hubungan yang nyata dan dapat diterima.

Referensi

Asnawi, & Masyhuri. (2009). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang:

UIN-Malang Press.

Anggi Meira (2010). Analisis Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Pengunjung Taman

Rekreasi Kampoeng Wisata Cinangneng Kecamatan Ciampeka Kabupaten Bogor

(Pendekatan Structural Equation Model(SEM))

Dalimunthee, Ritha F., 2007. Analisis Persepsi Pasien Partikulir Tentang Kualitas

Pelayanan Terhadap Tingkat Loyalitas di Ruang Rawat Inap RS Islam

Malahayati Medan. diakses dari https://repositoryi.usu.ac.id.

Effendi, S., & Tukiran. (2014). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Griffin, J. (2005). Customer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan

Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nila Fauziah. (2010). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (studi

pada pelanggan Hotel Santika Premiere Malang)

Santoso, S., & Tjiptono. (2001). Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS.

Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Tjiptono, F., 2006. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing

Yoeti, O. A. (2002)

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-02

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)