ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PASAR KAGET BERASTAGI
DOI:
https://doi.org/10.52434/mja.v2i1.674Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada Pasar Kaget Berastagi. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil pengolahan data diperoleh persamaan Regresi Y = 3,761 + 0,868X + e. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,822 yang berarti bahwa 82,20 persen loyalitas pelanggan Pasar Kaget Berastagi dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan sedangkan sisanya sebesar 17,80 persen dipengaruhi oleh faktor yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Pasar Kaget Berastagi. Untuk itu disarankan kepada pedagang Pasar Kaget Berastagi agar tetap memperhatikan kepuasan pelangannya. Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Loyalitas Pelanggan, Pasar Kaget Brastagi ABSTRACT This research is conducted for observing and analyzing the influence of satisfaction towards customer’s loyalty at Pasar Kaget Berastagi. Primary data is collected by questionnarie. Data analyzing method which is used is by simple linier regression analysis. The result of data tabulation obtained regression equation Y = 3,761 + 0,868X + e. The value of determination coefficient obtained as 0,822which mean that 82,20 persen of customer’s loyalty at Pasar Kaget Berastagi is influenced by customer satisfaction meanwhile the rest as 17,80 persen is influenced by another factor which is not observed by this research. Conclusion in this reasearch is the satisfaction has an influence towards custemer’s loyalty at Pasar Kaget Berastagi significantly. Consequently, it is advised to marketeer of Pasar Kaget Berastagi to be consistent to consider their customer satisfaction. Keywords : Satisfaction, Customer Loyalt, Pasar Kaget Brastagi.Referensi
Assauri, Sofyan. 2012. Strategic Marketing. Jakarta : PT.Rajagrafindo. Sangaji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogjakarta : Andi Offset. Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice. Yogjakarta: Graha Ilmu. Supranto J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta. Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS. Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta. Andy Offset.
Unduhan
Diterbitkan
2019-11-23
Terbitan
Bagian
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)
Lisensi
|