Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kualitas Pelayanan Koperasi Lkm-A Puap Subur Di Kabupaten Purbalingga

Penulis

  • Rosana Meyda Surya Universitas Jenderal Soedirman
  • Ulfah Nurdiani Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman
  • Lutfi Zulkifli Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v8i1.42430

Kata Kunci:

CSI, IPA, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Kepuasan anggota terhadap pelayanan LKM-A merupakan indikator keberhasilan dalam meningkatkan kesejahteraan anggota. Masalah yang muncul di Koperasi LKM-A PUAP Subur adalah terjadi penurunan jumlah anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami ciri-ciri responden, tingkat kepuasan, serta faktor-faktor yang diutamakan oleh petani terhadap layanan yang diberikan oleh koperasi. Metode studi kasus digunakan untuk menganalisis secara mendalam mengenai petani anggota Koperasi LKM-A PUAP Subur di Kabupaten Purbalingga. Responden yaitu petani padi anggota Koperasi LKM-A PUAP Subur yang berjumlah 45 orang yang dipilih teknik pengambilan simple random sampling. Informasi diperoleh melalui proses wawancara, pengisian kuesioner, pengamatan, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), dan analisis deskripsi. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar petani adalah pria berusia di atas 60 tahun, memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, dan memiliki rata-rata tanggungan keluarga 3 hingga 4 orang. Hasil perhitungan CSI sebesar 80,30% menunjukkan bahwa petani merasa puas dengan layanan koperasi namun ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan berdasarkan perhitungan IPA, seperti penyelenggaraan RAT tepat waktu, pengurus dapat memberikan informasi yang jelas, dan pengurus senantiasa menjalin hubungan yang baik dengan anggota.

Referensi

Arta Naibaho, U., Akbar, H., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Kepuasan Pelanggan: Analisis Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk (Literature Review Strategic Marketing Management). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1079–1089. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1346

Dewi, Y. T. (2021). Analisis Pengaruh Pendapatan, Jumlah Tanggungan Keluarga, Tabungan terhadap Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Desa Sombokeling Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali). No Title.

Elghani, R., Lestari, D. A. H., & Riantini, M. (2022). Analisis Kepuasan Anggota Koperasi Terhadap Pelayanan Koperasi Pertanian Seandanan di Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 9(3), 1342. https://doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8436

Fangohoi, L., Makabori, Y. Y., & Ataribaba, Y. (2023). Factors That Determine Farmer Participation Rate In The Farmer Group. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.25181/jppt.v23i1.2288

Gusti, I. M., Gayatri, S., & Prasetyo, A. S. (2022). The Affecting of Farmer Ages, Level of Education and Farm Experience of the farming knowledge about Kartu Tani beneficial and method of use in Parakan Distric, Temanggung Regency. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(2), 209–221. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v19i2.926

Handayani, R., Lestari, D. A. H., & Murniati, K. (2020). Tingkat Kepuasan Anggota Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Partisipasi Anggota Kud Mina Jaya Kecamatan Bumi Waras Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 8(1), 39. https://doi.org/10.23960/jiia.v8i1.4344

Hanri Putri, B. A., Eddy, B. T., & Dalmiyatun, T. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Anggota Terhadap Pelayanan Pada Koperasi Gardu Tani Di Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 2(2), 85. https://doi.org/10.14710/agrisocionomics.v2i2.2172

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.

Lina Trisnawati, Betrixia Barbara, & Trisna Anggreini. (2018). Analisis Kontribusi Pendapatan Petani Padi Sawah Di Kabupaten Barito Selatan. Journal Socio Economics Agricultural, 13(1), 37–49. https://doi.org/10.52850/jsea.v13i1.489

Mashuri, M., Eryana, E., & Ezril, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pedagang Pasar Sukaramai Di Kecamatan Bengkalis. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(1), 138–154. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i1.158

Saragih, F. H. (2017). Agricultural Sector Sharia Financing. Jurnal Agrica, 10(2), 112.

Saragih, I. P., & Retang, E. U. K. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Petani Padi Sawah Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Lapang di Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Timur. Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), 248-264. http://dx.doi.org/10.25157/ma.v8i1.6629

Sartika, S. R., & Karyani, T. (2018). Studi Kasus: Aksesbilitas Petani Kopi terhadap Kredit dari Lembaga Keuangan Bank. Jurnal Agro Industri Perkebunan, 6(2), 87. https://doi.org/10.25181/jaip.v6i2.954

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan Dan Penelitian Edisi Terbaru. January 2014, 624.

Zakariya, M. (2019). Peran Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Amanah Mandiri Syari’ah Terhadap Kelompok Tani di Desa Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 6(2), 183–199. https://doi.org/10.53429/jdes.v6i2.17

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-05

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)