Sikap Dan Perilaku Konsumen Minyak Goreng Sawit Di Stadion Maulana Yusuf Serang Banten

Penulis

  • Ahmad Furqon Afif Universitas Padjadjaran
  • Ernah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v8i1.42356

Kata Kunci:

Sikap, Perilaku, Pedagang Kaki Lima, Minyak Goreng Sawit

Abstrak

Pertumbuhan industri pangan dan kuliner yang pesat telah menjadi faktor utama dalam peningkatan penggunaan minyak goreng sawit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, sikap dan perilaku konsumen minyak goreng sawit di Stadion Maulana Yusuf Serang Banten. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei terhadap para pedagang kaki lima sebagai responden. Data diperoleh melalui kuesioner yang mencakup karakteristik responden, sikap individu dan norma subjektif, kontrol perilaku dan dianalisis dengan menggunakan skala likert dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap individu, norma subjektif, dan kontrol perilaku berperan penting dalam membentuk keputusan konsumsi minyak goreng sawit kemasan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang dinamika konsumsi minyak goreng sawit di kalangan pedagang kaki lima serta implikasi bagi pelaku usaha dan pembuat kebijakan dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Referensi

Abimanyu, Muhammad Febri , Yusuf Azis dan Nuri Dewi Yanti. 2024. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Minyak Goreng Kemasan Bermerek di Kecamatan Pelaihari. Frontier Agribisnis 8 (1), Maret 2024 – 119.

Badan Pusat Statistik. (2019). Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia per Provinsi. Diakses dari http://bps.go.id/id/publication/2020/06/29/a0c51afcd2c799871ed40f19/pengeluaran-untuk-konsumsi-penduduk-indonesia-per-provinsi--september-2019.html

Bhirawa, S. W. S., Larasati, D. S. A., Putri, E. N. C., Kusuma, B., Anitasari, S., & Meilina, R. (2024). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Membeli Minyak Goreng Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 9(2), 410-420.

Databoks. (2024). Konsumsi Minyak Goreng Per Kapita Indonesia Naik Pada 2023. Pusat Data Ekonomi Dan Bisnis Indonesia. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/8bcbef964f3570c/konsumsi-minyak-goreng-per-kapita-indonesia-naik-pada-2023

Ernah, E., & Tanaem, M. G. (2021). Perilaku Konsumen Minyak Goreng Sawit Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Bandung Jawa Barat. Agritech: Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 23(1), 10-16.

Hariyati, Maya. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Merek Bimoli Di Desa Panggautan Kecamatan Natal .Undergraduate Thesis, IAIN Padangsidimpuan.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI). 2024. Laporan Kinerja Industri Kelapa Sawit Indonesia 2023, Jakarta.

Goi , Misrawatie, Yade Kurnia Yasin dan Zul Ilyas Mohamad. (2017). Identifikasi Penggunaan Minyak Goreng Oleh Pedagang Pisang Goreng Di Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Health and Nutritions Journal Volume III, Nomor 1, page 28-34

Irianto, Heru. (2007). Perilaku Konsumen Minyak Goreng Sawit di Kota Surabaya. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 3(2), page 97-107.

Istiqomah, R. dan Haryanto, J.T. (2022). Analisis Pendapatan dan Pola Konsumsi Rumah Tangga di Wilayah Perkotaan. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, vol. 19, no. 2, hlm. 123–135.

Karimah, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Terhadap Pembelian Minyak Goreng Kemasan Di Kota Medan. Skripsi Sarjana. Universitas Sumatera Utara.

Ketaren, S. 2018. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Jakarta : UI-Press

Kusumawaty, Yeni., Edwina, S., & Sifqiani, N. S. (2019). Sikap Dan Perilaku Konsumen Minyak Goreng Curah Dan Kemasan Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ecodemica, 3(2), 111-122.

Ma’ruf, N.R., dan Handayani, R.S. (2019). Pengaruh Lama Usaha, Modal, dan Lokasi Terhadap Pendapatan UMKM. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, vol. 8, no. 3, hlm. 1–15.

Purbawa, Y., Bakti, I. G. M. Y., Purba, H. J., Astrini, N. J., Putra, R. P., & Sumaedi, S. (2023). Acceptable Price Of Packaged Palm Cooking Oil Amid Scarcity In Indonesia. Journal of Revenue and Pricing Management, 22(6), 446-454.

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) Nasional. (2024). Harga Rata-Rata Nasional Komoditas Pangan Strategis. Diakses dari https://hargapangan.id

Ramadhani, Egi, Vicka Pramudya Putra, Darnetti. (2025). Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Sw Express di Kota Payakumbuh. Mahatani. Vol. 8, No. 1.

Ristiani, Wahyu. (2010). Analisis Tipe Perilaku Konsumen Minyak Goreng

Di Pasar Tradisional Kabupaten Boyolali. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Schiffman, Leon G. dan Lazar L. Kanuk. (2015). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta : PT Indeks.

Tarmizi, A. (2017). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Honda Merek Vario Pada PD. Daya Motor Sungai Bahar Muaro Jambi. EKONOMIS: Journal of Economics and Business, 1(1), 18-31.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-05

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)