Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Sw Express Di Kota Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.52434/mja.v8i1.42322Kata Kunci:
Word of Mouth, Kualitas Pelayanan, Citra MerekAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran word of mouth, kualitas pelayanan, gaya hidup, citra merek dan inovasi produk terhadap preferensi konsumen dalam membeli Kopi Sw Express. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif untuk mendukung validitas hasil dengan maksud memahami pola hubungan sebab-akibat dari setiap variabel yang diteliti. Ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeshow, sehingga diperoleh sebanyak 100 responden konsumen Kopi SW Express. Teknik pengambilan sample menggunakan pendekatan Non Probability Sampling dengan metode pengambilan sample yaitu Purposive Sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda yang diproses dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 30. Penelitian ini membuktikan bahwa tiga faktor utama yaitu word of mouth, kualitas pelayanan, serta citra merek berperan signifikan serta berdampak positif terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Pengaruh word of mouth terjadi karena informasi yang disampaikan biasanya berasal dari orang-orang terdekat seperti teman atau keluarga, sehingga lebih dipercaya dan dianggap objektif dibandingkan iklan. Kepercayaan inilah yang mendorong konsumen untuk mempertimbangkan dan akhirnya memutuskan pembelian. Kualitas pelayanan berpengaruh karena pelayanan yang baik menciptakan pengalaman positif bagi konsumen, yang membuat mereka merasa dihargai dan puas, sehingga mendorong loyalitas serta keputusan untuk membeli kembali. Citra merek memengaruhi karena merek yang memiliki reputasi baik memberikan kesan kepercayaan, profesionalisme, dan nilai tambah di mata konsumen, sehingga meningkatkan keyakinan mereka untuk memilih produk tersebut.
Referensi
Abror, M. Q. (2023). Analisis Pengembangan Industri Kreatif Dalam Penerapan Usaha Booth Container Di Cena Usaha Barokah Bali [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER]. file:///C:/Users/acer/Documents/Jurnal skripsi/kuanti kopi/abror 2023.pdf
Anisa, -, R. R., & Nurul Chamidah. (2022). Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131–143. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.230
Fatimah, H. N., & Nurtantiono, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 106–133.
Ikhtiananda, D., & Purwanto, H. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek, Promosi, Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan Madiun. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA), 5(9), 1–9.
Junifanto, I., K, T. A., & Handoko, Y. (2023). Pengaruh Brand Image, Lifestyle, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 1, 13. file:///C:/Users/acer/Downloads/Jurnal+Iwan+Junifanto (2).pdf
Kurniawati, N. (2020). Analisis pengaruh word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik makeover kota semarang. Forum Ekonomi, 22(2), 286–295. file:///C:/Users/hp/Downloads/7449-14699-1-PB.pdf
Nuryanti, Fawazi, M. H., Basuki, H., & Wati, J. A. (2023). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Peyek Mak Nyus Jingglong Sutojayan Blitar). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 299–310.
Octavyan, D. L., & Sofiani, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Kopi Terhadap Keputusan Pembeli Di Point Coffee Pedurenan. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 15(01), 22–28. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v15i01.148
Rizaldy, A., & Murtiyanto, R. K. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Arema Store Malang. Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 7(2), 3049–3062.
Sari, T. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Atribut Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Vanilla Hijab.
Sutarjo, S., & Widiarto, T. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Zalora Indonesia Dimediasi Word of Mouth. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 10(1), 32. https://doi.org/10.30998/jabe.v10i1.20410
Wahyudi, S. A., Suradi, S., & Amir, A. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kukukubdl Bandar Lampung. Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.59407/jdedte.v1i2.658
Wicaksana, A. M. B., Suharno, S., & Supartono, W. (2022). The Impact of Consumer Behavior and Marketing Mix on the Decision to Buy Coffee at Coffee Shops in the Sleman Region During the Covid-19 Pandemic. Agroindustrial Journal, 8(1), 520. https://doi.org/10.22146/aij.v8i1.73543
Zusrony, E. (2021). Perilaku konsumen. In Yayassan Prima Agus Teknik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
|