PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PETANI KARET RAKYAT DI KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Penulis

  • Washilatul Huda Universitas Riau
  • Shorea Khaswarina Universitas Riau
  • Yeni Kusumawaty Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1822

Kata Kunci:

Karet, Nilai Pelanggan, Kinerja Pemasaran

Abstrak

Keberhasilan nilai pelanggan dapat mempengaruhi kinerja pemasaran karet. Penelitian dilakukan di Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan terhadap nilai emosional, nilai sosial, nilai kualitas/performa, dan nilai harga pada petani karet rakyat. Populasi dalam penelitian ini adalah 205 petani, sampel diambil 15% dari populasi 31 petani yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menjelaskan nilai sig.t untuk X1 adalah 0,003, nilai sig.t X2 adalah 0,014, nilai sig.t hitung X3 sebesar 0,021 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya X1, X2, dan X3 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan nilai sig t X4 sebesar 0,216 lebih besar dari tingkat signifikan, berarti nilai harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. hasil uji f nilai sig.f sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, artinya nilai pelanggan dilihat dari nilai emosional, sosial, kualitas, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran.

Referensi

ARBC Price. 2020. Daily Natural Rubber Price of ARBC Member. Indonesia. Jakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azila, M. N., & Rahman, A. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengaruh Orientasi Pasar Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Penjualan Tiket Maskapai Susi Air. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. Vol. 5 No.2

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi. 2020. Kabupaten Kuantan Singingi Dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi. Kuantan Singingi.

Direktorat Jendral Perkebunan. 2019. Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Karet 2018-2020. Jakarta.

Hendri, Pratiwi D., dan Hariyani. 2016. Analisis Pengaruh Nilai-Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis. Vol. 10 No. 1

Hidayatullah, S., Firdiansjah, A., Patato G.R., Waris, A. 2019. The Effect Of Entrepreneurial Marketing And Competitive Advantage On Marketing Performance. International Journal Of Scientific & Tecnology Research. 8(10):1297-1301

Kabue, H. W. 2020. Creating Customer Value for Enhanced Customer Satisfaction and Retention. Research in Economics and Management. Vol.5; 2470-4393.

Khaswarina, S. 2020. Market Driven Strategy Pada Perkebunan Karet Rakyat untuk Menjamin Kinerja Pemasaran di Provinsi Riau. Disertasi Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Padjajaran.

Konuk, F.A. 2018. The Role Of Store Image, Perceived Quality, Trust and Perceived Value in Predicting Cunsumers Purchase Intentions Towards Organic Private Label Food. Journal Of Retailing Consumer Service. Vol.43

Lawendatu R.J., Kekenusa S. J., Hatidja D. 2014. Regresi Linear Berganda Untuk Menganalisis Pendapatan Petani Pala. JdC. Vol.3 No.1

Mahbubi, A. 2019. Capturing Consumer Value and Clustering Customer Preferences In The Indonesian Halal Beef Market. Meat Science. Vol.156

Nurhalimah, N., & Nurhayati, A. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.6 No.2

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Yuliara, I.M. 2016. Regresi Linier Berganda. Universitas Bali: Fakultas Matematika dan Sains.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-24

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)