MENGUKUR STORE ATHMOSPHERE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN COKELAT KLASIK CAFÉ AND GARDEN MALANG

Penulis

  • Litna Nurjannah Ginting Program Studi Agribisnis, Universitas Syiah Kuala
  • Yessy Olivia Herlis Magister Agribisnis Universitas Brawijaya
  • Dian Retno Intan

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1804

Abstrak

Perkembangan Bisnis café yang semakin pesat mengakibatkan semakin ketatnya persaingan. Kondisi ini menuntut pelaku usaha untuk dapat bersaing dan menentukan strategi untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Pelaku usaha berusaha menciptakan store atmosphere yang unik dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian. Responden penelitian ini sebanyak 170 responden dan metode yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square). Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel store atmosphere berpengaruh signifikat terhadap keputusan pembelian konsumen di Coklat Klasik Café and Garden Cabang Joyoagung.

Biografi Penulis

Dian Retno Intan

Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Referensi

Arianty, N., & Ashal Lubis, H. A. (2018). The Development Model of Store Atmosphere in Culinary Business to Increase the Purchasing Interest of Society in the Sub-District of Percut Sei Tuan. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5(2), 4406–4415. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v5i2.04

Barry, B., Evans, J. (1997). Marketing, seventh edition. New Jersey: Prentice Hall.Inc.

Chaerul, A., B. Arianto, dan W. Bhirawa. 2019. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas di Café “Home 232†Cinere. Jurnal Teknik Industri, 8(2), 142 – 158.

Intan, D. R., Gurning, R. N. S., & Ginting, L. N. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Pertanian Agros, 23(1), 84–89.

Katarika, D. M., & Syahputra. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Bandung. Jurnal Ecodemica, 1(2), 162–171.

Kurniawan, H. (2015). Partial Least Square (PLS) sebagai Metode Alternatif Sem Berbasis Varians (LISREL) Dalam Eksplorasi Data Survey Dan Data Mining. Telematika, 7, 1–3.

Putri, L. (2014). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(2), 84724.

Wold, H. (2013). Partial Least Square. In G. A. Marcoulides, Modern Methods For Business Research (p.295). New York: Psychology Press.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-24

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)