PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas Var. Ayamurasaki) DI DESA AJAKKANG KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU

Penulis

  • Musdalifah Musdalifah Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Andi Siti Halimah Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurhaedah Nurhaedah Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1788

Kata Kunci:

Ubi jalar ungu, Preferensi konsumen, Analisis chisquare

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap preferensi konsumen pada ubi jalar ungu di Desa Ajakkang Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja yaitu Desa Ajakkang, yang merupakan salah satu pemasaran ubi jalar di Desa Ajakkang. Responden ditentukan dengan metode accidental sampling yaitu 30 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis chisquare. Hasil analisis chisquer menunjukkan bahwa apakah terdapat pengaruh atribut produk terhadap preferensi konsumen pada ubi jalar ungu atau tidak terdapat pengaruh atribut produk terhadap preferensi konsumen pada ubi jalar ungu di Desa Ajakkang Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.Ubi jalar ungu yang menjadi preferensi konsumen di Desa Ajakkang adalah ubi jalar ungu yang mempunyai atribut: rasa manis, bentuk lonjong teratur, ukuran sedang, dan kebersihan kulit bersih.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-24

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)