ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PRODUK HORTIKULTURA DI PASAR BANDUNGAN PASCARELOKASI, KABUPATEN SEMARANG

Sinta Mutia Sari, Mukson ;, Suryani Nurfadillah

Abstrak


Program pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) untuk menata kawasan wisata Bandungan dengan melibatkan relokasi Pasar Bandungan telah selesai dilaksanakan. Konsumen sebagai pengguna produk perlu diperhatikan kepuasannya dengan terus memberikan pelayanan terutama tempat penjualan produk. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis karakteristik konsumen, tingkat kinerja, kepentingan, serta tingkat kepuasan konsumen produk hortikultura pascarelokasi Pasar Bandungan. Teknik sampel menggunakan metode nonprobability sampling secara accidental. Karakteristik konsumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan kepuasan konsumen dianalisis dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen Pasar Bandungan merupakan wisatawan pria yang berasal dari luar Bandungan, berusia 20-30 tahun, sebagian besar bekerja wiraswasta, tamatan SMA, dan berpendapatan dibawah Rp 5.000.000. Atribut yang memiliki tingkat kepentingan tinggi dan kinerjanya tinggi yaitu penataan dan kerapian kios-kios ditata berdasarkan kelompok barang yang dijual (atribut X3.1), sedangkan atribut yang memiliki nilai kepentingan rendah dan kinerjanya juga rendah ialah rumah konsumen dekat dengan Pasar Bandungan (atribut X5.3). Atribut yang harus diperbaiki pascarelokasi pasar ialah atribut lantai pasar bersih dan tidak ada sampah berserakan (X2.4). Kepuasan konsumen sesudah relokasi ialah 79,57% yang berada pada kriteria puas.

Kata Kunci


CSI, IPA, Kepuasan Konsumen, Pasar Bandungan, Relokasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianty, N. 2014. Analisis perbedaan pasar modern dan pasar tradisional ditinjau dari strategi tata letak (layout) dan kualitas pelayanan untuk meningkatkan posisi tawar pasar tradisional. J. Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 13(1): 18-29.

Astuti, H. J. 2012. Analisis kepuasan konsumen (servqual model dan important performance analysis model). Media Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 7(1): 1-20.

Endrawanti, S., dan C. D. Wahyuningsih, C. D. 2014. Dampak relokasi pasar studi kasus di Pasar Sampangan Kota Semarang. J. Serat Acitya. 3(1): 78-93.

Fahrurrozi, F. 2013. Meningkatkan daya saing produk hortikultura Indonesia. Seminar Nasional Ikatan Mahasiswa Muslim Pertanian Indonesia (IMMPERTI). 1-7.

Hendra, T. 2017. Pengaruh nilai, kualitas pelayanan, pengalaman pelanggan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. J. Bisnis dan Manajemen. 4(2). 129-141.

Heryanto, I. 2015. Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. J. Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship. 9 (2): 80-101.

Karma, K. 2020. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Scientific J. of Reflection Economic, Accounting, Management and Business. 3(4): 341-350.

Minarni, E. dan A. Nurhadi. 2016. Analisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Pasar Tradisional Besuki Tulungagung. J. Benefit. 3 (1): 45-58.

Santika I. dan K. Khuzaini. 2018. Pengaruh harga, produk, dan suasana pasar terhadap kepuasan pelanggan pada pasar tradisional di Surabaya. J. Ilmu dan Riset Manajemen. 7 (9): 1-16.

Sihombing, I. K., I. S. Dewi, dan A. Astika. 2019. Analisis kepuasan konsumen pada pasar tradisional sebagai dampak dari revitalisasi pasar tradisional di Kota Medan. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) 2(1): 72-75.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. 2014 Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v5i1.1781

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.