Kepuasan Konsumen Produk Rendang Kemasan "Uda Chaniago"
DOI:
https://doi.org/10.52434/mja.v5i1.1747Kata Kunci:
CSI, IPA, kepuasan, konsumen, rendangAbstrak
Pengembangan dan inovasi produk makanan cepat saji diperlukan pada kondisi masa kini. Salah satunya adalah inovasi produk rendang dalam kemasan “Uda Chaniagoâ€. Produk ini berada dalam tahapan perkenalan dan memerlukan evaluasi supaya konsumen semakin puas terhadap produk. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis tingkat kepuasan konsumen pada produk rendang kemasan “Uda Chaniagoâ€. Data diambil dengan kuisioner pada 42 responden yang kemudian dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil analisis, atribut rasa daging, harga produk, harga produk bersaing dengan kompetitor, dan produk selalu tersedia menjadi prioritas utama untuk diperbaiki. Secara keseluruhan, hasil CSI menunjukkan bahwa konsumen produk rendang kemasan “Uda Chaniago†merasa puas. Implikasi penelitian diharapkan pemilik dapat melakukan perbaikan dengan rekomendasi strategi berupa pemilihan bahan baku, harga produk yang bersaing, dan ketersediaan produk secara kontinu untuk meningkatkan kepuasan konsumen menjadi sangat puas terhadap produk.
Referensi
Amanah, D. (2010). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop H.M. Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis. 2(1), 71-87
Agustia, S. (2020). Upaya Indonesia Mengekspor Rendang Sumatera Barat ke Amerika Serikat. JOM FISIP, 7(1), 1–13.
Akbar, A., & Gusnita, W. (2020). Kualitas Rendang Daging dengan Metode Pengolahan yang Berbeda. Jurnal Pendidikan Tata Boga Dan Teknologi, 1(2), 111–117. https://doi.org/10.2403/80sr37.00
Anggraini, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index the Analysis of Consumer Perception Used Importance Performance Analysis Method and. Jurnal Industri, 4(2), 74–81. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=44033223&site=ehost-live
Aritonang, L. R. (2005). Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Azizah, I. N., Winahyu, N., & Rohmad. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Rumah Potong Ayam (RPA) PT. Bumi Nutrisia Jaya Kabupaten Kediri. Fillia Cendekia, 6(1), 12–21. https://doi.org/10.32503/ fillia.v6i1.1430
Erwin, F., & Zubaidah, E. (2015). Kebab Rendang : Inovasi Kebab Nasi Khas Sumatera Barat Sebagai Upaya Pelestarian Kuliner Bangsa. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 3(4), 1637–1645.
Fajarsari, D. D. (2017). Nilai Pendidikan dalam Kuliner Rendang. Buletin Al-Turas, 23(2), 337–348. https://doi.org/10.15408/bat.v23i2.6315
Indrajaya, D. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index pada UKM Gallery. Jurnal IKRA-ITH Teknologi, 2(3), 1–6.
Jayadi, R. P., Efendi, Z., & Marniza. (2018). Analisis kepuasan Konsumen Terhadap Makanan Tradisional “ Lemang Tapai “ di Kota Bengkulu. Jurnal Agroindustri, 8(2), 124–132.
Khoirunnisa, A. F., Setyanto, N. W., & Oktavianty, O. (2008). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Atribut Pelayanan Prima dengan Mengintegrasikan Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus : PT Sang Hyang Seri (Persero)-Malang). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 2(4), 740–749. http://jrmsi.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jrmsi/article/view/123
Lodhita, H. E., Santoso, I., & Anggarini, S. (2014). Analisis Pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode IPA(Importance Performance Analysis) Dan CSI(Customer Satisfaction Index) Studi Kasus Pada Toko Oen, Malang. https://adoc.pub/-abstrak61d32989257eb31a0ed0460929a81e5f81647.html
Mahfud, H. U., & Sitohang, S. (2017). Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kemasan, dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(1), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/625
Mandasari, D., Mulyani, S., & Sadyasmara, C. A. B. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Pelayanan Mangsi Grill and Coffee Denpasar. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(3), 336. https://doi.org/10.24843/jrma.2019.v07.i03.p01
Rosalina, E., Wirahadi Ahmad, A., & Dwi Haryadi, A. (2015). Strategi Pengembangan Makanan Unggulan Minangkabau Berdaya Saing Global. Akuntansi Dan Manajemen, 10(2), 41–50. https://doi.org/10.30630/jam.v10i2.104
Santika, A. E., & Bandrang, T. N. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Jasa Penggilingan Padi (Studi Kasus Penggilingan Padi Tunas Karya Desa Persil Raya, Kecamatan Seyuran Hilir, Kabupaten Seruyan). MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal), 4(1), 299–318. https://doi.org/10.52434/mja.v4i1.1235
Saprida, & Manurung, S. T. (2021). Analisis Pengaruh Brand, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Bimoli Di Pajak Horas Kecamatan Pematang Siantar. MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal), 4(1). https://doi.org/10.52434/mja.v4i1.1250
Suryawan, S., & Dharmayanti, D. (2013). Analisa Hubungan Antara Experential Marketing, Customer Satisfaction dan Sustomer Loyalty Cafe Nona Manis Grand City Mall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–10. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/881
Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. In Edisi 2 (2nd ed.). Andi Offset.
Yola, M., & Budianto, D. (2016). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(1), 301–309. https://doi.org/10.25077/josi.v12.n1.p301-309.2013
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
|