PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT, BEBAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PADA CV ANUGRAH SUKSES MANDIRI

Asti Aldila Dewiyani, Palupi Permata Rahmi, Listi Herlina

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kinerja karyawan, employee engagement, beban kerja dan kepuasan kerja serta menganalisis pengaruh employee engagement, beban kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada CV Anugrah Sukses Mandiri Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Penarikan sampel yaitu menggunakan total sampling atau sampling jenuh (sensus) yaitu seluruh karyawan CV Anugrah Sukses Mandiri sebanyak 30 orang. Teknik  pengumpulan   data  melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, dan analisis koefisien determinasi. Analisis deskriptif menyatakan bahwa Kinerja Karyawan pada CV Anugerah Sukses Mandiri memiliki memiliki skor sebesar 1.155 dengan kategori baik. Employee Engagement pada CV Anugerah Sukses Mandiri memiliki skor sebesar 1.018 dengan kategori baik. Beban Kerja pada CV Anugerah Sukses Mandiri memiliki total skor dari kuesioner beban kerja memiliki skor sebesar 799 dengan kategori baik. Kepuasan Kerja pada CV Anugerah Sukses Mandiri total skor dari kuesioner kepuasan kerja memiliki skor sebesar 1.013 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Employee Engagement berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai korelasi nilai 0,887. Beban Kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai 0,844.  Kepuasan Kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan korelasi antara Kepuasan Kerja dengan Kinerja Karyawan memiliki nilai 0,863. Employee Engagement, Beban Kerja, Kepuasan Kerja berpengaruh simultan terhadap Kinerja Karyawan hal ini sesuai dengan hasil uji korelasi secara simultan Employee Engagement, Beban Kerja dan Kepuasan terhadap Kinerja memiliki nilai 0,892 dengan sumbangan pengaruh sebesar 79,6%.


Kata Kunci


Employee engagement, Beban Kerja, kepuasan kerja dan kinerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Boy Aulia Sastra. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Danamon Cabang Tuanku Tambusai Pekanbaru. Jurnal HJABE Vol. 1 No. 3 Juli 2018.

Edison, Emron. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Lutfi Rachman &Aryo Dewanto. 2016. Pengaruh Employee Engagement terhadap Kepuasan Kerja dan Turnover Intention. Jurnal aplikasi manajemen volume 14, No.2 Juni 2016 ISSN 1693.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2017. Evaluasi Kinerja SDM 2017. Bandung: Refika Aditama.

Rika M. Yusuf Rita N. Taroreh Genita G. Lumintang. 2019. Pengaruh Employee Engagement, Beban kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Indospice Di Manado. Jurnal riset ekonomi, management, bisnis dan akuntansi Vol 7, No 4 (2019) ISSN 2303-1174.

Robbins SP, dan Judge. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sentot Iskandari, Gredi Granada Sembada. 2012. Pengaruh Beban kerja, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bank BJB Cabang Padalarang. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 6, No. 1, April 2012, 26-38 ISSN 2443-0633.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v3i2.1283

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.