ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KEPUASAN PELANGGAN KEDAI KOPI PENYOE KAKOPI GARUT

Penulis

  • Ridki Radiansyah Universitas Garut
  • Tatang Mulyana Universitas Garut
  • Kunaeli S.E Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v3i2.1236

Kata Kunci:

analisis faktor, kepuasan pelanggan.

Abstrak

Perkembangan kedai kopi menimbulkan persaingan ketat dalam memperebutkan konsumen.  Penting bagi pengusaha kedai kopi untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong kepuasan pelanggan kedai kopi. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong kepuasan pelanggan  pada Kedai Kopi Penyoe Kakopi Garut. Metode penelitian yang digunakan  metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan  kedai kopi Penyoe Kakopi. Sampel penelitian terdiri dari 96 responden. Data dianalisis dengan menggunakan analisis faktor eksploratori dengan menggunakan program IBM SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis faktor, faktor-faktor yang mendorong  kepuasan pelanggan diperoleh tiga faktor.  Faktor tersebut adalah (1) faktor harga terdiri dari rasa kopi yang enak, bentuk penyajian kopi, dan harga sesuai dengan daya saing, (2) faktor pelayanan, terdiri dari kecepatan pelayanan terhadap konsumen, tanggap terhadap kebutuhan konsumen, dan harga yang terjangkau, (3) faktor fasilitas, terdiri dari tersedianya wifi.

Referensi

Hill, New Delhi. Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philips. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Nofita, Erika Dian & Kamal, Mustafa (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Pada

Salwa House Kafe. From http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-21

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)