Pengaruh Implementasi Kebijakan Kurikulum terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Rikha Salfita

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh implementasi kebijakan kurikulum terhadap kinerja guru untuk mewujudkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut sebanyak 60 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam mewujudkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Kata kunci: implementasi kebijakan kurikulum, kinerja guru, prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam

Teks Lengkap:

Download (pdf)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing
IPI
Moraref