Pengaruh Implementasi Kebijakan Kurikulum terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Rikha Salfita Universitas Garut

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh implementasi kebijakan kurikulum terhadap kinerja guru untuk mewujudkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut sebanyak 60 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam mewujudkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kata kunci: implementasi kebijakan kurikulum, kinerja guru, prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam

Diterbitkan

2018-07-02

Terbitan

Bagian

Khazanah Akademia