Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Kompetensi Guru dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Atep Hilman Hilmi Universitas Garut

Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas tentang pengaruh motivasi guru terhadap kompetensi guru dalam mewujudkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi renponden dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri di Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut sebanyak 50 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru dalam mewujudkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Artikel ini berkesimpulan bahwa untuk mewujudkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam yang baik dapat dilakukan dengan kompetensi guru, dan meningkatkan motivasi guru. Kata kunci: motivasi guru, kompetensi guru, mutu pembelajaran, pendidikan Agama Islam

Diterbitkan

2018-04-11

Terbitan

Bagian

Khazanah Akademia