Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa

Penulis

  • Yosi Intan Pandini Gunawan Universitas Garut

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian adalah di MA YPI Baiturrahman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Artikel ini berkesimpulan bahwa prestasi belajar siswa dapat terwujud dengan baik yaitu dengan keaktifan siswa dan motivasi belajar yang optimal. Kata kunci: keaktifan siswa, motivasi belajar, prestasi belajar siswa

Diterbitkan

2018-03-02

Terbitan

Bagian

Khazanah Akademia