Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kohesivitas Kelompok Guru terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Hasil Belajar Peserta Didik

Penulis

  • Yusup Hamdan Universitas Garut

Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas tentang pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan kohesivitas kelompok guru terhadap kinerja guru dalam mewujudkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi renponden dalam penelitian ini adalah guru MA. Swasta Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut sebanyak 59 orang, karena tidak dilakukan pengambilan sampel. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah (X1) dan kohesivitas kelompok guru (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y) dalam mewujudkan hasil belajar peserta didik (Z). Artikel ini berkesimpulan bahwa dalam mewujudkan hasil belajar peserta didik secara baik dapat dilakukan dengan meningkatkan kinerja guru, melaksanakan fungsi kepemimpinan kepala madrasah dan meningkatkan kohesivitas kelompok guru Kata kunci : kepeminpinan kepala madrasah, kohesivitas kelompok guru, kinerja guru, hasil belajar peserta didik

Diterbitkan

2018-02-26

Terbitan

Bagian

Khazanah Akademia