Pengaruh Manajemen Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa

Penulis

  • Cecep Taryaman Universitas Garut

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen sekolah terhadap kinerja guru dalam mewujudkan prestasi belajar siswa di MTs Al-Ma’arif Cilageni Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini adalah guru-guru di MTs Al-Ma’arif Cilageni Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut sebanyak 50 orang, karena tidak dilakukan pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Artikel ini berkesimpulan bahwa untuk mewujudkan prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan mengoptimalkan kinerja guru dan manajemen sekolah Kata kunci : kinerja guru, manajemen sekolah, prestasi belajar siswa

Diterbitkan

2018-02-26

Terbitan

Bagian

Khazanah Akademia