Pengaruh Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Program Rohani Islam dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa

Penulis

  • Suwanda . Universitas Garut

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap program rohani Islam dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun responden dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri SeKabupaten Garut sebanyak 51 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen pembelajaran pendidikan Agama Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap program rohani islam dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : manajemen pembelajaran; pendidikan agama Islam; program rohani Islam; prestasi belajar

Diterbitkan

2018-02-26

Terbitan

Bagian

Khazanah Akademia