Pengaruh Penghayatan Etika Profesi terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran

Penulis

  • Aim Nurul Alim

Abstrak

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penghayatan etika profesi terhadap kinerja guru untuk mewujudkan efektivitas program pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah dewan guru yang ada di Madrasah Aliyah Al Ulfah Malangbong Garut sebanyak 50 orang. Untuk kepentingan penelitian maka seluruh populasi sebanyak 50 orang dijadikan responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa penghayatan etika profesi berpengaruh secara postif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam mewujudkan efektivitas program pembelajaran. Berdasarkan temuan-temuan permasalahan tersebut maka disarankan agar etika profesi dihayati dan dijalankan dengan baik, guru selalu menjalankan tugas dengan baik, dan guru harus memiliki strategi pembelajaran yang tepat supaya terwujudnya efektivitas program pembelajaran. Kata kunci: efektivitas program pembelajaran, kinerja guru, penghayatan etika profesi

Diterbitkan

2017-06-11

Terbitan

Bagian

Khazanah Akademia