Pengaruh Manajemen Bimbingan dan Konseling Terhadap Disiplin Belajar dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa

Penulis

  • Muhammad Syauqi Mubarok

Abstrak

Abstrak. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh manajemen bimbingan dan konseling terhadap disiplin belajar dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan teknik survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut, dengan jumlah responden sebanyak 85 orang. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa manajemen bimbingan dan konseling berpengaruh positif secara signfikan terhadap disiplin belajar dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Adapun pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa manajemen bimbingan dan konseling memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap disiplin belajar siswa. Manajemen bimbingan dan konseling memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Disiplin belajar siswa memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa Kata kunci: disiplin belajar, manajemen bimbingan dan konseling, prestasi siswa

Diterbitkan

2017-06-10

Terbitan

Bagian

Khazanah Akademia