Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etika Profesi Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran

Penulis

  • Deni Wijayani

Abstrak

Abstrak. Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolahdan etika profesi guru terhadap kompetensi profesional guru untuk mewujudkan mutu pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi renponden dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Cilawu Kabupaten Garut sebanyak 63 orang, karena dilakukan pengambilan sampel. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan etika profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi profesional guru dalam mewujudkan mutu pembelajaran. Artikel ini berkesimpulan bahwa untuk mewujudkan mutu pembelajaran secara baik dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi profesional guru, melaksanakan fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan melaksanakan etika profesi guru. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, etika profesi guru, kompetensi profesional guru, mutu pembelajaran

Diterbitkan

2017-05-21

Terbitan

Bagian

Khazanah Akademia