Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum 2013 terhadap Manajemen Pembelajaran untuk Mewujudkan Kualitas Pembelajaran

Iwan Sumiarwan

Abstrak


Abstrak. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 terhadap manajemen pembelajaran untuk mewujudkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan teknik survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di MI Se- Gugus II Tarogong Garut, dengan jumlah responden sebanyak 93 orang. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 berpengaruh positif secara signfikan terhadap manajemen pembelajaran untuk mewujudkan kualitas pembelajaran. Adapun pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap manajemen pembelajaran. Pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Manajemen pembelajaran memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap kualitas pembelajaran.

Kata kunci: pelaksanaan kebijakan, kurikulum 2013, manajemen pembelajaran, kualitas pembelajaran

Teks Lengkap:

Download (Pdf)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing
IPI
Moraref