Preferensi Objek Wisata Bahari Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

Authors

  • Marti Dewi Ungkari Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jwa.v7i2.2566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pilihan objek wisata bahari, dengan mempertimbangkan faktor-faktor atau kriteria dan sub-kriteria tertentu yang mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata tersebut. Faktor atau kriteria yang dianalisis adalah Atraksi, Akses, dan Amenitas. Sedangkan objek wisata bahari yang dikaji adalah adalah Pantai Santolo, Pantai Sayangheulang dan Pantai Rancabuaya yang berada di Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan alat bantu Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Software Expert Choice. Responden dalam penelitian ini berjumlah 70 orang, dengan kriteria responden adalah wisatawan yang pernah berkunjung ke ketiga objek wisata bahari tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan pertimbangan yang mempengaruhi keputusan wisatawan dalam berkunjung ke objek wisata bahari adalah aksesibilitas dengan nilai 44,30%, kemudian pertimbangan kedua atraksi sebesar 33,30%, dan pertimbangan terakhir amenitas sebesar 22,40%. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa berdasarkan pertimbangan faktor atau kriteria yang mempengaruhi minat berkunjung ke objek wisata bahari dengan urutan pertama ditempati oleh Pantai Santolo dengan nilai 41,9%, pertimbangan kedua Pantai Sayangheulang sebesar 38,7% dan pertimbangan ketiga Pantai Rancabuaya sebesar 19,4%.

Published

2022-12-14

Issue

Section

Journal Wahana Akuntansi