Pengaruh Akuntabilitas Dana Desa dan Pelayanan Kantor Desa Sukaratu saat Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Masyarakat

Authors

  • Bahar Sudewo Aji Universitas Garut
  • Novie Susanti Suseno Universitas Garut
  • Irma Rosmayati Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jwa.v6i1.1721

Abstract

Pada masa pandemi covid-19, semua sektor terganggu. Salah satunya sistem anggaran dan pelayanan hingga pada tingkat desa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas dana desa dan pelayanan kantor terhadap kepuasan masyarakat pada Desa Sukaratu di Kabupaten Garut. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 responden kemudian penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner terhadap unit organisasi tingkat desa dan melakukan wawancara terhadap BPD dan perangkat desa di Sukaratu. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif deskriptif berdasarkan hubungan variabel terhadap obyek yang bersifat sebab/ Variabel X dan akibat Variabel Y (kausal) kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi kepustakaan, kesioner dan diperkuat dengan observasi dan wawancara, sedangkan teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS (Statistical Package Social Science) versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, data menunjukan bahwa secara parsial maupun simultan akuntabilitas dana desa dan pelayanan kantor desa berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat saat pandemi covid-19 di Desa Sukaratu Banyuresmi Garut.

Published

2021-06-21

Issue

Section

Journal Wahana Akuntansi