Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Individu terhadap Penggunaan Sistem E-Commerce
DOI:
https://doi.org/10.52434/jwa.v4i2.1704Abstract
Dalam kehidupan sekarang ini teknologi informasi berkembang pesat, yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang menyebabkan terjadinya perubahan kultur dalam masyarakat. perkembangan internet yang sangat cepat merupakan faktor pendorong e-commerce. E-commerce adalah platform yang menyediakan transaksi komersial secara digital. Trend belanja secara online melalui e-commerce banyak diminati oleh masyarakat Garut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendorong minat individu menggunakan e-commerce pada masyarakat Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, reliabilitas, analisis regeresi linier berganda. Penarikan sampel dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling yaitu multivariate sampel sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini terdapat 5 variabel yang diteliti dan proses validasi, reliabilitas, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel sikap dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat individu menggunakan sistem e-commerce, selain itu variabel norma subjektif, kontrol perilaku dan persepsi kegunaan tidak memiliki pengaruh.