MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MAHASISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Tri Arif Wiharso Fakultas Teknik Universitas Garut
  • Helfy Susilawati Fakultas Teknik Universitas Garut

Abstrak

Dalam pembelajaran matematika proses memahami dan memecahkan masalah menjadi hal yang harus diperhatikan salah satu cara pembelajarannya dengan Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik mahasiswa dengan Problem Based Learning (PBL) dan melihat respon mahasiswa terhadap metode pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk quasi eksperimen dengan sampel 50 orang dimana 25 orang dari kelas eksperimen dan 25 orang dari kelas konvensional. Hasil yang didapatkan setelah perlakuan yaitu peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik mahasiswa melalui Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, mahasiswa memberikan respon positip terhadap PBL. Kata kunci: Pemecahan masalah matematik, Problem Based Learning

Diterbitkan

2018-07-23