Sosialisasi Penerapan Disiplin Positif dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Lingkungan Sekolah Dasar

Penulis

  • Asep Irvan Irvani Universitas Garut
  • Hani Siti Hanifah Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v3i2.4009

Kata Kunci:

disiplin positif, KKN, kurikulum merdeka, sosialisasi

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menyosialisasikan implementasi disiplin positif dalam mewujudkan merdeka belajar di lingkungan sekolah dasar. Melalui kegiatan sosialisasi yang melibatkan guru-guru dan kepala sekolah, informasi mengenai pentingnya disiplin positif dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung pertumbuhan positif anak-anak disampaikan. Pelaksanaan sosialisasi diakukan pada Hari Sabtu, tanggal 12 Agustus 2023. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi dan sesi tanya jawab dalam Program Kuliah Kerja Nyata Universitas Garut Tahun Akademik 2022/2023. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mendapatkan informasi yang bermanfaat dan sekolah dapat mengimplementasikan disiplin positif untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman. Pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para pendidik tentang konsep disiplin positif dan mendukung terciptanya lingkungan belajar yang kondusif bagi pertumbuhan holistik siswa.

Biografi Penulis

Asep Irvan Irvani, Universitas Garut

Dosen di Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, UNIVERSITAS GARUT.

Hani Siti Hanifah, Universitas Garut

FEKON UNIGA

Referensi

Albab, H.A.U. (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Academia Publication.

Asbari, M. et al. (2024) ‘Membangun Lingkungan Belajar Positif: Seminar Implementasi Disiplin Positif di Sekolah Menengah Atas’, Niswantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), pp. 8–14.

Butarbutar, A.R. et al. (2024) PSIKOLOGI UMUM. Cendikia Mulia Mandiri.

Chairunnisaa, A. (2024) ‘IMPLEMENTASI DISIPLIN POSITIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN LAMPER KIDUL 02 SEMARANG’. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Chodariyah, D.E.N. et al. (2024) ‘ANALISIS PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN POSITIF SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR’, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), pp. 4637–4651.

Erlangga, S.Y. et al. (2024) ‘Psikologi Pendidikan’, EDUPEDIA Publisher, pp. 1–136.

Farid, A. (2023) ‘Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0’, Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), pp. 580–597.

Handoko, Y.H.Y. (2023) ‘Disiplin dan nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku tagguh dan tanggung jawab’, Injire, 1(2), pp. 201–212.

Hastuti, R.M. (2022) ‘Segitiga Restitusi Menawarkan Solusi Tumbuhkan Disiplin Diri’, PRIMARY, 1(6), pp. 370–376.

Irvani, A.I., Ainissyifa, H. and Anwar, A.K. (2023) ‘In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka di Komite Pembelajaran sebagai Komunitas Praktisi Sekolah Penggerak’, JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), pp. 160–166.

Istianah, A., Maftuh, B. and Malihah, E. (2023) ‘Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar’, Jurnal Education and Development, 11(3), pp. 333–342.

Karim, A. et al. (2023) ‘Implementasi Landasan Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Peran Guru Dan Manajemen Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying’, Academy Of Education Journal, 14(2), pp. 1515–1534.

Kuanine, M.H. and Afi, K.E.Y.M. (2023) ‘Upaya Guru Menciptakan Lingkungan Yang Nyaman Melalui Manajemen Budaya Sekolah Yang Positif’, JMPK: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 3(1), pp. 1–14.

Lu, Y. and Hamu, Y.A. (2022) ‘Teori Operant Conditioning Menurut Burrhusm Frederic Skinner’, Jurnal Arrabona, 5(1), pp. 22–39.

Mahyatun, B. and Suryadi, L.E. (2022) ‘PEDAGOGIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS’, JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 6(1), pp. 43–58.

Milaini, L.R. et al. (2023) Catatan Penggerak Merdeka Belajar. Stiletto Book.

Al Mustaqim, D. (2023) ‘Transformasi Diri: Membangun Keseimbangan Mental dan Spiritual Melalui Proses Islah’, Jurnal Kawakib, 4(2), pp. 120–134.

Ningsih, I.W. (2022) ‘Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Dengan Agresivitas Siswa Kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang’. IAIN Kediri.

Nurishlah, L., Subiyono, S. and Hasanah, I. (2022) ‘Implementasi Disiplin Positif di SD/MI’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), pp. 643–655.

Nurpadilah, M.S., Asikin, I. and Inten, D.N. (2024) ‘Implementasi Program Disiplin Positif dalam Membentuk Karakter MAJU (Mandiri, Agamis, Jujur, Unggul) Siswa Kelas VIII di SMPN 15 Bandung’, in Bandung Conference Series: Islamic Education.

Ramadhanty, D.R. (2024) ‘Peran Guru Pendikan Agama Islam dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusi di MTS Generasi Emas Denpasar Bali’. Universitas Islam Indonesia.

Santosa, S. and Tamarin, V. (2024) ‘Analisis Ciri Perilaku dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Intisyarul Ulum’, IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), pp. 313–321.

Saputra, A.S. (2023) ‘Menumbuhkan Disiplin Diri Melalui Disiplin Positif Restitusi’, Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), pp. 5666–5682.

Saputra, H. (2023) ‘Me Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam’, JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam dan Humaniora, 2(1), pp. 17–26.

Sari, N., Saman, A. and Buchori, S. (2024) ‘The Influence of Group Tutoring Services with Self Management Techniques on the Learning Discipline of High School Students in Gowa Regency’, Pinisi Journal of Education, 4(3), pp. 244–258.

Switri, E. (2022) Pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penerbit Qiara Media.

Utami, W. (2023) ‘Pengaruh metode pembiasaan terhadap kedisiplinan anak usia 56 tahun di TK Manhaj Brand School desa Sekip kecamatan Lubuk Pakam’. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Yulianto, H. (2024) ‘Disiplin Positif Pada Kurikulum Merdeka: Tinjauan Filosofi Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara’, Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), pp. 626–637.

Diterbitkan

2024-07-31