Literasi Melalui Pendidikan Olahraga Rekreasi Trekking Untuk Meningkatkan Minat Anak Dalam Berolahraga Di Masa Pandemi Covid – 19

Ani Kurniawati, Ari Nursandi, Mochamad Rizky Baresi, Iqra Chandra, Ikhsan Muhlis, Raihan Fadlan FaturrohmaFadlann, Wafiq Fakhri Najmudin

Abstrak


Literasi merupakan sebuah kemampuan indivdu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis. Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis, oleh karena itu, literasi tidak terlepas dari keterampilan bahasa yang pengetahuan bahasa tulis dan lisan yang memerlukan serangkaian kognitif, pengetahuan tentang gendre dan kurtural. Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana siswa dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. olahraga rekreasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan pada waktu luang guna mendapatkan kesenangan tersendiri. olahraga rekreasi trekking ini digunakan untuk menarik minat anak pada olahraga yang memang jarang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian kepada anak menunjukkan bahwa ketertarikan anak pada olahraga sangat signifikan melalui olahraga rekreasi trekking yang dimaksudkan untuk meningkatkan minat anak dalam berolahraga.


Kata Kunci


Literasi, Literasi Pendidikan, Olahraga rekreasi, Olahraga Rekreasi Trekking

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Loviani, S. D. (2017). PENGARUH OLAHRAGA REKREASI HIKING TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA DI SMA NEGERI 1 CONGGEANG KABUPATEN SUMEDANG. JURNAL EDUKASI SEBELAS APRIL, 3(1), 1–7.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan a. Resma, 3(2), 13–22.

Sara, F., & Komaini, A. (2018). Manajemen Pengelolaan Olahraga Rekreasi Trekking Di Air Terjun Nyarai Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman. Jurnal Stamina, 1(July), 1–23.

Sugiyono. (2015). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. In Bandung Alfabeta (p. 143).

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpm.v1i2.1995

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR:

View My Stats

INDEXING :

   

FAKULTAS PENDIDIKAN ISLAM DAN KEGURUAN UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.