Pengembangan Pembelajaran dengan Proyek Kolaborasi Berbasis Pendidikan STEM di MTs Al Musaddadiyah Kab. Garut

Abdul Latip, S.Pd., M.Pd., Andinisa Rahmaniar, Shinta Purnamasari, Dudung Abdurrahman, Wiwit Yuli Lestari

Abstrak


Kebijakan kurikulum merdeka menjadi tantangan bagi guru pada setiap jenjang Pendidikan dari sekolah dasar sampai sekolah menengah. Salah satu kebijakan dalam kurikulum merdeka diantaranya terdapat alokasi jam pelajaran khusus untuk kegiatan proyek kolaborasi antar mata pelajaran. Untuk mempersiapkan hal tersebut, dosen pada program studi Pendidikan IPA FPIK Universitas Garut melaksanakan kegiatan pengabdian di MTs Al Musdaddiyah Kab. Garut. Sasaran kegiatan ini adalah guru semua mata pelajaran di MTs tersebut yang akan dilatih cara mengembangkan pembelajaran dengan proyek kolaborasi berbasis Pendidikan STEM. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap pertama pemaparan materi dari para dosen, tahap dua pelaksanaan focus group discussion (FGD) antar guru mata pelajaran, dan tahap terakhir pemaparan hasil FGD. Berdasarkan tiga tahapan kegiatan yang dilakukan, secara umum guru MTs Al Musaddadiyah telah mampu merancang pembelajaran dengan tema dan jenis proyek kolaborasi antar mata pelajaran. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian memberikan manfaat dan sesuai dengan kebutuhan para guru di Sekolah.

 


Kata Kunci


Pembelajaran, Proyek Kolaborasi, STEM

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


A. M. Mufidah, M. Yusuf, R. Karsidi, U. Sebelas, and M. Surakarta, “Analisis Permasalahan Dan Kesiapan Guru Dalam Project Based Learning di Sekolah Luar Biasa,†J. Orthop., vol. 1, no. 3, 2020.

A. Permanasari, “STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains,†Semin. Nas. Pendidik. SAINS “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelit. Pengemb. dalam Menghadapi Tantangan Abad-21†Surakarta, 22 Oktober 2016, pp. 23–34, 2016.

A. Rahmaniar, “Perceptions Of The Indonesia National Curriculum In Relation To Perceptions Of The Indonesia National Curriculum In Relation To Integrated Stem Education At The High School Level Integrated Stem Education At The High School Level,†2020, [Online]. Available: https://ir.library.illinoisstate.edu/etd/1341

I. R. Suwarma and Y. Kumano, “Implementation of STEM education in Indonesia: Teachers’ perception of STEM integration into curriculum,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1280, no. 5, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1280/5/052052.

W. Muntari, Agus Abhi Purwoko, Lalu Rudyat Telly Savalas, “Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Siswa,†Jurnal Pendidik. dan Pengabdi. Masy. Vol. 1 No. 1, Februari 2018, vol. 1, no. 1, pp. 120–124, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpm.v1i1.1798

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR:

View My Stats

INDEXING :

   

FAKULTAS PENDIDIKAN ISLAM DAN KEGURUAN UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.