Pendampingan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Ijudin ijudin (SINTA ID : 6157361) Universitas Garut
  • Iyet Nurhayati Universitas Garut
  • Misbah Ridwan Universitas Garut
  • Risman Wardani Universitas Garut
  • Rudi Jamaludin Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v1i1.1792

Kata Kunci:

pendampingan, Pembelajaran, Covid-19

Abstrak

Pada masa covid-19 merupakan perubahan besar bagi semua bidang salah satunya dalam dunia pendidikan dari sistem tatap muka menjadi  virtual, banyak sekali masalah yang ditemukan akibat pandemi  covid-19 diantarnya penggunaan metode daring yang menekankan teknologi dalam sistem pembelajaran dengan dampingan  orang tua. Mengingat tidak semua orang tua siswa memahami penggunaan teknologi, sehingga menjadi salah satu kendala proses pembelajaran yang berdampak pada pemahaman siswa dalam memahami  materi yang disampaikan guru melalui metode daring. Berdasarkan uraian masalah tersebut maka program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu dampingan pembelajaran sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Pendidikan pada masa covid-19 sangat mempengaruhi pada motivasi belajar siswa, maka dari itu model pembelajaran yang efektif sangat diperlukan agar proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai, karena tujuan pendidikan merupakan kunci keberhasilan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Biografi Penulis

Ijudin ijudin, (SINTA ID : 6157361) Universitas Garut

Referensi

Aqib, Zainal. (2009). Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Yrama Widya

Suprapto. (2006). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi di Sekolah Dasar, dalam Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol.3.1.

Fatonah, N., Muhamad, N., Fadilah, N. M., & Indonesia, U. G. (2022). LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AND CHARACTER AT ELEMENTARY SCHOOL LEVELS DURING THE. 5(1), 218–228.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Joournal Of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition.SAGE Publication.

Zhang, D Zhao, J. L, Zhou, L, & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace Classroom learning? Comunications Of The ACM.

Suhendar, Dadang, dkk. (tim penyusun KBBIEdisi kelims). (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta; Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Diterbitkan

2022-01-31