Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap Efektivitas Pencapaian Target Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Cisewu Kabupaten Garut

Nanis Nerianti, Abdullah Ramdhani

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh sikap wajib pajak terhadap efektivitas pencapaian target PBB di Desa Cisewu Kabupaten Garut. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan di Kantor Desa Cisewu Kabupaten Garut terlihat adanya permasalahan belum efektifnya pelaksanaan pencapaian target PBB di Desa Cisewu Kabupaten Garut dikarenakan sebagian wajib pajak kurang pengetahuan tentang batas waktu pembayaran PBB dan kurangnya kejelasan mekanisme pembayaran PBB sehingga menimbulkan kurangnya kedisiplinan dalam membayar PBB.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 2.619 responden, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Probability Sampling melalui pendekatan Simpel Random Sampling, sedangkan untuk menentukan jumlah sampel dengan menggunakan Rumus Slovin dan diperoleh hasil yaitu 96 responden. Teknik pengumpulan data melalui penelitian kelapangan yang meliputi wawancara, angket dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan realibilitas dengan hasil penelitian semuanya valid dan reliable.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, untuk Variabel X (Sikap) termasuk kedalam kriteria Baik, Sedangkan untuk Variabel Y (Efektivitas) termasuk ke dalam kriteria Baik artinya terdapat pengaruh cukup kuat antara sikap wajib pajak terhadap efektivitas pencapaian target PBB.

Kata Kunci


Sikap Wajib Pajak, Efektivitas dan Pajak Bumi dan Bangunan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gerungan. 2010. Psikologi Sosial. Bandung : PT Refika Aditama

Ibrahim, Adam. 2010. Teori Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung : PT Refika Aditama

Sedarmayanti. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negri Sipil. Bandung : PT.Refika Aditama.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Dokumen-Dokumen :

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi

Daerah

Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Pajak Daerah


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.