Pengaruh Budaya Kerjaterhadap Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kantor Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut

Penulis

  • Sinta Riani
  • Yusuf Hermawan

Kata Kunci:

Budaya Kerja, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Adanya fenomena kualitas pelayanan E-KTP di kantor Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut belum optimal, ini disebabkan oleh Budaya Kerja yang belum berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, budaya kerja, kualitas Pelayan E-KTP, dan pengaruh budaya kerja terhadap kualitas pelayanan E-KTP di kantor Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah metode survey deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 orang dengan menggunakan teknik sensus atau sampling jenuh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pengaruh budaya kerja terhadap kualitas pelayan E-KTP Di Kantor Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut secara keseluruhan dari hasil penghitungan statistika korelasi dengan menggunakan Korelasi Rank Spearman diperoleh korelasi sebesar 0,5084 dan koefisien determinasinya yaitu 23,787% dengan demikian antara kedua variabel tersebut ada pengaruh yang berdasarkan interpretasi korelasi tergolong rendah. Dengan tingkat signifikansi sebesar 2,3035 dan setelah dikonsultasikan atau dikonfirmasikan dengan sebesar 2,1098 dengan demikian bahwa hipotesis Ho ditolak dan Hi diterima karena ≥ .

Referensi

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Hasibuan, Malayu. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Ndraha, Taliziduhu. (2007). Budaya Organisasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Osborn dan Plastrik. (2007). Budaya Organisasi. Jakarta : PPM

Pasolong, Harbani. (2014). Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. (2010). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Riduwan. (2006). Dasar- dasar Statistik Edisi ke Tiga. Bandung : Alfabeta.

Siagian, Sondang P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : Rineka Cipta.

Siegel, Sidney (1992) Statistik Nonparametik Untuk Ilmu Sosial (terjemahan Zanzawi Suyuti dan Landung Simatupang). Jakarta : PT.Gramedia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Sutrisno, Edy. (2010). Budaya Organisasi. Kencana: Surabaya

Thoha, Miftah. (2014). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Rujukan Elektronik:

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Melalui : http://kbbi.web.id/kualitas

Dokumen:

Buku Penyusunan Standar Pelayanan Publik Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (2003)

Kepmen PAN Nomor 25 Tahun 2002 Tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara

Kepmen PAN Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Indeks Kepuasan Masyarakat

Kepmen PAN Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan

Peraturan Bupati Garut No 248 Tahun 2014 Tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan

Peraturan Daerah Kabupaten Garut No. 4 Tahun 2000 Tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk dan Akta Catatan Sipil

Profil Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut

Unduhan

Diterbitkan

2019-01-22

Terbitan

Bagian

Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik