Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Tiket Kereta Api di Stasiun Bandung
Kata Kunci:
Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan, Tiket Kereta ApiAbstrak
Adanya fenomena rendahnya kualitas pelayanan tiket kereta api di Stasiun Bandung disinyalir akibat belum optimalnya kinerja pegawai. Tujuan penelitian ini menemukan data dan informasi mengenai besarnya pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan tiket kereta api di Stasiun Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penulis mengambil lokasi penelitian di Stasiun Bandung, melibatkan pegawai di bagian pelayanan tiket kereta api Stasiun Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden, dengan menggunakan teknik sensus. Dari hasil analisis data menyatakan bahwa tanggapan responden tentang variabel kinerja pegawai rata-rata memilih alternative jawaban kriteria cukup baik. Sedangkan tanggapan responden terhadap variabel kualitas pelayanan rata-rata memilih alternative jawaban kriteria baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup sinifikan antara kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan tiket kereta api di Stasiun Bandung. Saran dari penulis yaitu adanya pemberian sanksi berupa peringatan dan teguran bagi pegawai yang tidak konsisten dalam waktu bekerja dan penambahan sarana prasarana yang dapat menunjang kualitas pelayanan yang maksimal.Referensi
Fahmi, Irham. (2013). Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Hardiansyah, (2011). Kualitas Pelayanan Publik ;Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.
Mangkunegara. Anwar Prabu. (2006). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : Alfabeta
Pasolong, Harbani. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
Ratminto. Dan Winarsih, Atik Septi. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. (2006). Dasar-dasar Statistik Edisi Ke Tiga. Bandung : Alfabeta.
Siegel, Sidney. (1992) Statistic Nonparametric Untuk Ilmu-Ilmu Social (Terjemahan Zanzawi Suyuti dan Landung Simatupang). Jakarta : PT. Gramedia
Sinambela. (2012). Kinerja Pegawai. Yogyakarta : Graha Ilmu
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
Tjiptono Fandy. (2011). Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: ANDI
Dokumen-dokumen
Surat Keputusan Direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Nomor KEP.C.003/X/17/KA-2013