Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) dan Kesan Kualitas ( Perceived Quality ) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Merek Handphone di Kabupaten Garut
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra merek (brand image) dan kesan kualitas (percevied quality) terhadap pengambilan keputusan pembelian merek handphone di Kabupaten Garut. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen dengan unit analisis yaitu handphone Nokia, Sony Erieson, Samsung, Siemens, dan Motorola. Wilayah penelitian dibatasi oleh 10 wilayah yang ada di Kabupaten Garut dengan jumlah sampel 100 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan pendekatan statistik inferensia. Teknik pengmpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Dari hasil analisis jalur diperoleh pengaruh citra merek (brand image) terhadap pengambilan keputusan pembelian adalah 19,71%, sedangkan pengaruh kesan kualitas (perceived quality) terhadap pengambilan keputusan pembelian adalah 12,18%. Dari uji F diperoleh nilai Fhitung 22,9435 dan Ftabel 1,3959, karena Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merek (brand image) dan kesan kualitas (perceived quality) terhadap pengambilan keputusan pembelian merek handphone di Kabupaten Garut, besar pengaruh koefesien determinasi sebesar 0,3189. Dari hasil pengujian menu njukan bahwa secara simulatan pengaruh citra merek dan kesan kualitas terhadap pengambilan keputusan pembelian adalah sebesar 31,89% sedangkan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti adalah sebesar 68,11%.Referensi
Engel, James F.el All (1994), Perilaku nKonsumen , Binarupa Aksara, Jakarta
Handoko, T. Hani (1995),Manajemen, cetakan Kesembilan .BPFE, Yogyakarta
Nazir,Moh(1988),Metodologi Penelitian.Penerbit: Ghalia Indonesia
Kotler,Philip,(2002). Manajemen Pemasaran, Penerbit: Prenhalindo, Jakarta
Rangkuti,Freddy (2004) The Power of Brand, PENERBIT :Pt. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, Kadarsah, dan M.Ali Ramadhan (1998), Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit: PT Remaja Rosda, Bnadung
Sutisna (2002),Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran,Penerbit: PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Unduhan
Diterbitkan
2017-08-21
Terbitan
Bagian
Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik