Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) dan Kesan Kualitas ( Perceived Quality ) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Merek Handphone di Kabupaten Garut

Imas Purnamasari

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra merek (brand image) dan kesan kualitas (percevied quality) terhadap pengambilan keputusan pembelian merek handphone di Kabupaten Garut. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen dengan unit analisis yaitu handphone Nokia, Sony Erieson, Samsung, Siemens, dan Motorola.

Wilayah penelitian dibatasi oleh 10 wilayah yang ada di Kabupaten Garut dengan jumlah sampel 100 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan pendekatan statistik inferensia. Teknik pengmpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis).

Dari hasil analisis jalur diperoleh pengaruh citra merek (brand image) terhadap pengambilan keputusan pembelian adalah 19,71%, sedangkan pengaruh kesan kualitas (perceived quality) terhadap pengambilan keputusan pembelian adalah 12,18%.

Dari uji F diperoleh nilai Fhitung 22,9435 dan Ftabel 1,3959, karena Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merek (brand image) dan kesan kualitas
(perceived quality) terhadap pengambilan keputusan pembelian merek handphone di Kabupaten Garut, besar pengaruh koefesien determinasi sebesar 0,3189.

Dari hasil pengujian menu njukan bahwa secara simulatan pengaruh citra merek dan kesan kualitas terhadap pengambilan keputusan pembelian adalah sebesar 31,89% sedangkan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti adalah sebesar 68,11%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Engel, James F.el All (1994), Perilaku nKonsumen , Binarupa Aksara, Jakarta

Handoko, T. Hani (1995),Manajemen, cetakan Kesembilan .BPFE, Yogyakarta

Nazir,Moh(1988),Metodologi Penelitian.Penerbit: Ghalia Indonesia

Kotler,Philip,(2002). Manajemen Pemasaran, Penerbit: Prenhalindo, Jakarta

Rangkuti,Freddy (2004) The Power of Brand, PENERBIT :Pt. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Kadarsah, dan M.Ali Ramadhan (1998), Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit: PT Remaja Rosda, Bnadung

Sutisna (2002),Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran,Penerbit: PT Remaja Rosdakarya, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.