Pengaruh Modal Pinjaman Terhadap Rentabilitas Modal Sendiri Pada PKP-RI Garut
Abstrak
Berdasarkan latar belakang masalah diidentifikasikan yaitu bagaimana perkembangan modal pinjaman pada PKP-RI Garut, bagaimana perkembangan rentabilitas modal sendiri pada PKP-RI Garut, bagaimana pengaruh modal pinjaman terhadap rentabilitas modal sendiri pada PKP-RI Garut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka kesimpulan penelitian menyatakan bahwa : perkembangan modal pinjaman pada PKP-RI Garut selama tahun 2000 -2005 mengalami peningkatan, kecuali pada tahun 2002 dan tahun 2005. Dari tahun 2000-2005 koperasi menggunakan pinjaman jangka pendek dengan rata-rata sebesar Rp.1.142.555.000, sedangkan koperasi menggunakan pinjaman jangka panjang dengan rata-rata sebesar Rp. 517.593.000. Pengaruh modal pinjaman terhadap rentabilitas modal sendiri adalah sebesar 59,7%, artinya bahwa pinjaman jangka pendek dan pinjaman jangka panjang secara bersama-sama dapat mempengaruhi atau menjelaskan rentabilitas modal sendiri sebesar 59,7%, tetapi pengaruhnya tidak signifikan.Referensi
Anto Dajan. 1986. Pengantar Metode Statistik, jilid 1. Jakarta : LP3ES
Arikunto Suharsimi, 1996. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi III. Penerbit Citra. Jakarta
Buchori Alam. 2000. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Cetakan Ke 4. Bandung:
Alfabeta
Bashu Swastha. 1999. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga. Yogyakarta. BPEF Djalaludin R. 1995. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung. PT Rosda Karya
Hasibuan Malayu. 2001. Manajemen Dasar Pengertian Dan Masalah. Jakarta. CV Haji Masagung
Kotler Philip. 20005. Manajemen Pemasaran, Edisi Sebelas, Jilid 2. Yogyakarta : PT. Indeks Dasar Organisasi, Gajah Mada
Ratih hurriyati. 2005. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen, Cetakan Pertama. Bandung : Alfabeta
Stanton, Wj. 1991. Prinsip Pemasaran, Edisi Jilid 1. Yogyakarta : Erlangga
Sugiyono. 2002. Statistik Untuk Penelitian, Cetakan 10. Bandung : Alfabeta
Tjiptono,F. 1999. Prinsip Pemasaran, Edisi 2 Cetakan 2. Yogyakarta : Penerbit Adi
Umar, Husain. 2002. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Edisi I. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama