Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Angkutan Umum Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Sub Terminal Limbangan Kabupaten Garut
Abstrak
Rendahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Sub Terminal Limbangan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut disinyalir disebabkan oleh kurang optimalnya Kualitas Pelayanan Jasa Angkutan Umum. Tujuan penelitian ini adalah menemukan data dan informasi mengenai besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Angkutan Umum Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Sub Terminal Limbangan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas dengan teknik pengumpulan data kuesioner yang disebarkan kepada 25 responden. Berdasarkan analisis statistik, terbukti adanya hubungan yang kuat Kualitas Pelayanan Jasa Angkutan Umum Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Sub Terminal Limbangan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan Jasa Angkutan Umum Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Sub Terminal Limbangan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut.Referensi
Halim. (2011). Manajemen Keuangan Dearah. Yogyakarta: UPP, AMP YKPN.
Handayaningrat, S. (2002). Pengantar Ilmu Administrasi Negara. Jakarta: CV Haji Masagung.
Hardyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Hendrasti, M. (2012). Manajemen Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kaho, J. R. (2014). Prospek Otonomi Daerah di Republik Indonesia. Jakarta : Rajawali Press.
Lorenzi, Skinner, Crosby, & Ivancevich. (2010). Management Quality and Competitiveness ( Second Edition ). Chicago: Irwin.
Mahmudi. (2012). Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: PT Erlangga.
Moenir, H. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhidin, & Somantri. (2006). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Pelajar.
Ratminto, & Winarsih, A. S. (2013). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduan. (2003). Dasar-Dasar Statistika (Edisi Revisi ed.). Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2003). Dasar-Dasar Statistika (Edisi Revisi ed.). Bandung: Alfabeta.
Rochmansjah, H. S. (2011). Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Bandung: CV. Gaza Publishing.
Siegel, S. (1992). Statistik Non Parametrik untuk Ilmu Sosial (Cetakan Kelima ed.). (Suyuti, Zanzawi, & Simatupang, Penerj.) Jakarta: Gramedia.
Sinambela, D. P. (2012). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Somantri, & Muhidin. (2006). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2011). Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: ANDI.
Widjaja. (2011). Otonomi Daerah. Jakarta: PT Raja Grafino Persada.
Undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
Undang-undang No. 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.
Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1997 tentang Pajak dan Retribusi Daerah
Undang-undang No.34 tahun 2000 tentang Objek Retribusi Daerah
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63 tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Peraturan Daerah No. 9 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha
Peraturan Bupati Garut No. 867 tahun 2014 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Perhubungan Kabupaten Garut
Standar Oprasional Pelayanan Terminal
Rekapitulasi Data PAD Sub Terminal Limbangan.