Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Peningkatan Pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Intan Kabupaten Garut
Abstrak
Rendahnya pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan Kabupaten Garut disinyalir disebabkan oleh kurang optimalnya kinerja Pegawai. Tujuan penelitian ini adalah menemukan data dan informasi mengenai besarnya pengaruh kinerja Pegawai terhadap peningkatan pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas dengan teknik pengumpulan data kuesioner yang disebarkan kepada 78 responden. Berdasarkan analisis statistik, terbukti adanya hubungan yang kuat antara kinerja Pegawai terhadap peningkatan pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan Kabupaten Garut. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kinerja Pegawai terhadap peningkatan pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan Kabupaten Garut.Referensi
Dwiyanto, A. (2011). Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi Birokrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hardyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Mangkunegara, A. P. (2002). Manaajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhidin, & Somantri. (2006). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Pelajar.
Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Ramdhani, A., Alamanda, D. T., & Amin, A. S. (2010). The Importance of Retail Service Quality and Store Image in Creating Customer Loyalty. Global Management Conference (hal. 161-165). Jakarta: Gunadharma University.
Ratminto, & Winarsih, A. S. (2013). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. (2003). Dasar-Dasar Statistika (Edisi Revisi ed.). Bandung: Alfabeta.
Somantri, & Muhidin. (2006). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.