Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Administrasi Kesejahteraan Rakyat terhadap Koordinasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam Mewujudkan Efektivitas Pencapaian Program Kerja
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pelaksanaan kebijakan administrasi kesejahteraan rakyat terhadap koordinasi antar satuan kerja perangkat daerah dalam mewujudkan efektivitas pencapaian program kerja. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode eksplanasi dengan teknik evaluasi. Lokasi penelitian adalah di Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat, Satuan Kerja Perangkat Daerah dan instansi vertikal yang terkait dengan tugas-tugas Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat, serta di 42 kecamatan se-Kabupaten Garut dengan jumlah responden sebanyak 54 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan administrasi kesejahteraan rakyat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap koordinasi antar satuan kerja perangkat daerah dalam mewujudkan efektivitas pencapaian program kerja. Artikel ini berkesimpulan bahwa untuk penyelenggaraan kebijakan secara baik dapat dilakukan dengan meningkatkan koordinasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah sehingga terwujud efektivitas pencapaian program kerja. Kata kunci: kebijakan; koordinasi; efektivitas; pencapaian program kerjaUnduhan
Diterbitkan
2017-02-18
Terbitan
Bagian
Jurnal Publik