Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal terhadap Proses Pengambilan Keputusan dalam Mewujudkan Peningkatan Kinerja Pegawai
Abstrak
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh kepemimpinan dan komunikasi interpersonal terhadap proses pengambilan keputusan dalam mewujudkan peningkatan kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan metode deskriptif dengan teknik survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di Badan Kepegawaian dan DIklat Kabupaten Garut, dengan jumlah responden sebanyak 48 responden. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa kepemimpinan dan komunikasi interpersonal berpengaruh positif secara signifikan terhadap proses pengambilan keputusan dalam mewujudkan peningkatan kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Garut. Artikel ini berkesimpulan bahwa untuk dapat menghasilkan proses pengambilan keputusan yang baik dapat dilakukan dengan mempersepsi kepemimpinan dengan positif dan mengerahkan komunikasi interpersonalnya secara optimal sehingga terwujud peningkatan kinerja pegawai tersebut dengan optimal pula Kata kunci: kepemimpinan, komunikasi interpersonal, proses pengambilan keputusan, peningkatan kinerja pegawaiUnduhan
Diterbitkan
2018-02-26
Terbitan
Bagian
Jurnal Publik